Pengaruh Teknik Shaping Terhadap Kemampuan Merawat Diri Anak Tunagrahita Kelas I C1 di SLB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019

Mulia, Ajeng Leksana (2019) Pengaruh Teknik Shaping Terhadap Kemampuan Merawat Diri Anak Tunagrahita Kelas I C1 di SLB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (37Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik shaping terhadap kemampuan merawat diri anak tunagrahita kelass I C1 di SLB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Metode dalam penelitian ini menggunakan eksperimen dengan subjek tunggal (single subject research) dengan desain A-B-A yaitu dimulai dengan pengukuran baseline-1 (A1) hingga data stabil, dan dilanjutkan dengan intervensi (B), langkah terakhir adalah pengukuran baseline-2 (A2). Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita kelas I di SLB Negeri Surakarta berjumlah 1 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes perbuatan untuk mengukur kemampuan merawat diri anak tunagrahita. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dalam kondisi dan antar kondisi. Validitas instrumen dalam penelitian menggunakan validitas isi. Reliabilitas instrumen menggunakan reliabilitas interrater yang didukung oleh intraclass correlation menggunakan SPSS 23. Hasil analisis penelitian ini diperoleh rata-rata skor subjek dalam tiga fase yaitu, fase baseline-1, fase intervensi dan fase baseline-2. Dalam fase baseline-1, subjek mendapat skor 27. Pada fase intervensi subjek mendapat skor 37,37. Pada fase baseline-2 subjek mendapat skor 42. Adapun hasil analisis yang sudah dilakukan dari data yang telah diperoleh menunjukkan adanya peningkatan kemampuan merawat diri anak tunagrahita kelas I dengan kestabilan 100% (stabil) ke 100% (stabil). Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa teknik shaping berpengaruh terhadap kemampuan merawat diri anak tunagrahita kelas I C1 di SLB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Kata kunci: teknik shaping, kemampuan merawat diri, anak tunagrahita.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 09 Jul 2019 11:03
    Last Modified: 09 Jul 2019 11:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43980

    Actions (login required)

    View Item