AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI PUBLIK MELALUI MEDIA BARU (MEDIA SOSIAL) DAN LAMAN www.humas.jatengprov.go.id

KUSUMASTUTI, ANINDITA (2019) AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI PUBLIK MELALUI MEDIA BARU (MEDIA SOSIAL) DAN LAMAN www.humas.jatengprov.go.id. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)

    Abstract

    Penyeimbangan ilmu teoritis dan praktis sangat diperlukan bagi mahasiswa, khususnya pada program diploma atau vokasi. Tuntutan untuk siap terjun pada dunia kerja dengan kemampuan yang mumpuni akhirnya menuntut mahasiswa untuk melatih diri dengan melakukan kegiatan magang. Kuliah Kerja Media atau KKM merupakan sebuah program magang yang diselenggarakan oleh Prodi Komunikasi Terapan FISIP UNS. KKM bersifat wajib bagi mahasiswa tingkat akhir dan menjadi salah satu syarat untuk bisa lulus serta mendapatkan gelar Ahli Madya (A.Md). Pada program KKM ini diharapkan agar mahasiswa bisa mengimplementasikan ilmu yang telah didapat selama perkuliahan. Dalam pelaksanaan KKM, penulis memilih Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah yang memiliki bagian Humas dan Protokol, khusus ditugaskan untuk mengelola arus komunikasi, memberikan penerangan atau informasi kepada publik dan juga menerima aduan dari masyarakat yang digunakan sebagai masukan kepada pimpinan dalam membuat keputusan maupun kebijakan. Hal tersebut yang membuat penulis tertarik untuk mempelajari tentang bagaimana instansi Pemerintahan membina hubungan yang baik dengan publiknya sehingga tercipta rasa percaya dan saling pengertian juga suasana yang aman, tentram, dan harmonis. Penyampaian informasi kepada publik merupakan tugas Public Relations pada instansi Pemerintahan. Memberikan edukasi terkait dengan kebijakan dan kegiatan yang dilakukan oleh pimpinan akan menciptakan rasa saling pengertian sehingga tidak ada hal yang ditutup-tutupi oleh instansi Pemerintahan tersebut. Dalam menyampaian informasi kepada publik, perlu memilih media yang tepat sehingga proses penyampaiannya efektif dan efisien. Masyarakat saat ini dituntut untuk melek teknologi, sehingga penggunaan Media baru yang didalamnya termasuk Media sosial dan laman (website) menjadi media yang efektif dalam penyampaian informasi kepada publik. Dalam pelaksanaan KKM, penulis mendapatkan pengalaman pada sub bagian Publikasi dan Hubungan Media serta sub bagian Peliputan dan Dokumentasi. Penulis juga diikutsertakan pada kegiatan penyampaian informasi kepada publik mulai dari peliputan hingga memantau unggahan melalui Media sosial dan software IMM. Setelah melaksanakan KKM, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa penggunaan Media baru sebagai sarana untuk menyampaikan informasi kepada publik dinilai lebih efektif karena feedback dari masyarakat langsung dapat diterima dan dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam proses pengambilan keputusan dan pembuatan kebijakan oleh pimpinan instansi Pemerintahan. (kata kunci : hubungan media, keterbukaan informasi publik, media baru).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 09 Jul 2019 10:56
    Last Modified: 09 Jul 2019 10:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43977

    Actions (login required)

    View Item