PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY - TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH BANGUN DATAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IVA SD Negeri 01 Nangsri Tahun Pelajaran 2018/2019)

Nurjana, Ayu Fitriani (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY - TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH BANGUN DATAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IVA SD Negeri 01 Nangsri Tahun Pelajaran 2018/2019). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (211Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah bangun datar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay - Two Stray (TS-TS) pada peserta didikkelas IVA SD Negeri 01 Nangsri tahun pelajaran 2018/ 2019 dan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay - Two Stray (TS-TS) pada keterampilan pemecahan masalah bangun datar pada peserta didik kelas IVA SD Negeri 01 Nangsri tahun pelajaran 2018/ 2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Subjek dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IVA dan guru kelas IVA SD Negeri 01 Nangsri tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, deskriptif komparatif dan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelas pada pratindakan adalah 48,44 dengan persentase ketuntasan klasikal 7,14%, lalu meningkat pada siklus I dengan rata-rata 69,97 dan persentase ketuntasan klasikal 53,85% dan meningkat lagi pada siklus II dengan rata-rata mencapai 81,84 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay - Two Stray (TS-TS) dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah bangun datar pada peserta didik kelas IVA SD Negeri 01 Nangsri tahun pelajaran 2018/ 2019. Kata kunci: model pembelajaran Kooperatif, Two Stay - Two Stray (TS-TS), keterampilan pemecahan masalah, bangun datar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 09 Jul 2019 10:39
    Last Modified: 09 Jul 2019 10:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43974

    Actions (login required)

    View Item