STUDI KOMPARASI METODE SIX THINKING HATS DAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL INTERNAL (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Laweyan Tahun Ajaran 2018/2019

SARASWATI, AYU SHINTA (2019) STUDI KOMPARASI METODE SIX THINKING HATS DAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL INTERNAL (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Laweyan Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (12Kb)

    Abstract

    Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui perbedaan keterampilan menulis karangan argumentasi antara peserta didik yang diajar dengan metode Six Thinking Hats dan peserta didik yang diajar dengan metode Brainstorming; (2) mengetahui perbedaan keterampilan menulis karangan argumentasi antara peserta didik yang memiliki Locus of Control Internal tinggi dan peserta didik yang memiliki Locus of Control Internal rendah, dan (3) mengetahui interaksi antara metode pembelajaran dan Locus of Control Internal terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi. Penelitian ini disusun menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ekperimental semu (quasi experimental) pada desain factorial 2x2. Populasi yang diteliti adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel yang mewakil populasi adalah peserta didik kelas V SD Negeri Kleco I dan SD Negeri Bratan II. Data keterampilan menulis karangan argumentasi dikumpulkan dengan teknik tes berbentuk soal uraian bebas (mengarang) dan data locus of control internal dikumpulkan dengan teknik nontes berbentuk angket. Data dianalisis menggunakan analisis variansi dua jalan pada tingkat signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan menulis karangan argumentasi antara peserta didik yang diajar dengan metode Six Thinking Hats dan peserta didik yang diajar dengan metode Brainstorming dengan nilai FA= 11.1345093 > F(0,05;1,62) = 4; (2) terdapat perbedaan keterampilan menulis karangan argumentasi antara peserta didik yang memiliki Locus of Control Internal tinggi dan peserta didik yang memiliki Locus of Control Internal rendah dengan nilai FB= 5.76629985> F(0,05;1,62) = 4; (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan Locus of Control Internal terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi dengan nilai FAB = -0.9813857

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 09 Jul 2019 10:34
    Last Modified: 09 Jul 2019 10:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43973

    Actions (login required)

    View Item