Pelaksanaan Pembelajaran Kelas Minat Clay Art pada Siswa Sanggar Anak Alam Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019

YULIARTO, DWIKY FAJAR (2019) Pelaksanaan Pembelajaran Kelas Minat Clay Art pada Siswa Sanggar Anak Alam Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (13Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) proses pelaksanaan pembelajaran kelas minat clay art pada siswa Sanggar Anak Alam Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019 ditinjau dari aspek tujuan, materi, metode, model, media, dan evaluasi pengajaran (2) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran kelas minat clay art pada siswa Sanggar Anak Alam Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019 (3) visualisasi bentuk karya yang dihasilkan oleh siswa pada kelas minat clay art di Sanggar Anak Alam Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019 ditinjau dari aspek ide, warna, dan bentuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu bapak Bima Batutama selaku fasilitator kelas minat clay art dan 2 siswa, Ayudha Isvarapresya dan Jihan Fahira. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi data dan reviu informan. Analisis data dengan model alir yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran kelas minat clay art dilakukan selama 3 pertemuan, dengan alokasi waktu 120 menit di setiap pertemuan. Dalam proses pembelajaran, fasilitator menggunakan metode diskusi, metode mencipta bebas, dan metode pemberian motivasi, model yang digunakan adalah model project based learning, dan pada tahap evaluasi pembelajaran, hanya dilakukan evaluasi ringan oleh fasilitator, evaluasi hanya sebatas membahas hasil karya siswa secara bersama-sama bertujuan agar siswa dapat saling mengapresiasi hasil karya. (2) faktor pendukung yang menunjang pembelajaran kelas minat clay art dibagi menjadi dua faktor, faktor internal berasal dari siswa seperti faktor jasmani, dan psikologi. Faktor ekternal terdiri dari faktor keluarga, faktor sekolah, serta faktor masyarakat. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran meliputi faktor psikologi dan faktor sekolah (3) hasil karya clay dari masing-masing siswa memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. pada pembelajaran kelas minat clay art menitik beratkan pada aspek ide, warna, dan bentuk. Kata kunci: pembelajaran seni rupa, clay art, sanggar anak alam

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 09 Jul 2019 10:22
    Last Modified: 09 Jul 2019 10:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43970

    Actions (login required)

    View Item