Pengaruh Penerapan Token Ekonomi Terhadap Perilaku Agresif Verbal Anak Tunalaras Kelas V di SLB E Bhina Putera Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019

Andriani, Imas Firli (2019) Pengaruh Penerapan Token Ekonomi Terhadap Perilaku Agresif Verbal Anak Tunalaras Kelas V di SLB E Bhina Putera Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (143Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan token ekonomi terhadap perilaku agresif verbal anak tunalaras kelas V di SLB E Bhina Putera Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal/ SSR (Single Subject Reasearch) dengan desain penelitian A-B-A yang dimulai dari pengukuran baseline-1 hingga data stabil, kemudian dilanjutkan dengan intervensi, dan langkah terakhir adalah pengukuran baseline-2. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunalaras kelas V di SLB E Bhina Putera Surakarta yang berjumlah 1 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil analisis penelitian ini diperoleh rata-rata skor dari masing-masing subjek dalam tiga fase yaitu fase baseline-1, fase intervensi, dan fase baseline-2. Dalam fase baseline-1 perilaku agresif verbal muncul rata-rata sebanyak 56 kali. Pada fase intervensi perilaku agresif verbal rata-rata menurun yaitu 12 kali. Pada fase baseline-2 perilaku agresif verbal rata-rata menurun menjadi 6 kali. Adapun hasil analisis yang sudah dilakukan dari data yang telah diperoleh menunjukkan adanya penurunan perilaku agresif verbal anak tunalaras kelas V dengan kestabilan 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan token ekonomi berpengaruh dalam menurunkan perilaku agresif verbal anak tunalaras kelas V di SLB E Bhina Putera Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Kata kunci : Pengaruh, Penerapan Token Ekonomi, Perilaku Agresif Verbal, Anak Tunalaras

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 09 Jul 2019 09:51
    Last Modified: 09 Jul 2019 10:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43966

    Actions (login required)

    View Item