Pengembangan Modul Pembelajaran Elektronik Fisika Berbasis Learning Content Development System (LCDS) Pada Materi Gerak Melingkar

Nugraheny, Istiqomah (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Elektronik Fisika Berbasis Learning Content Development System (LCDS) Pada Materi Gerak Melingkar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (12Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan: (1) menjelaskan kharakteristik modul pembelajaran Fisika materi Gerak Melingkar yang dikembangkan; (2) menjelaskan cara mengembangkan modul pembelajaran Fisika materi Gerak Melingkar agar memenuhi kriteria baik. Metode penelitian yang digunakan adalah Reseach and Development dengan model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan modul hanya sampai pada tahap ketiga dari lima tahapan ADDIE yaitu analysis, design, development. Sumber data dari 1 Ahli Materi, 1 Ahli Media dan Bahasa, 3 guru Fisika SMA, 3 siswa untuk uji coba satu-satu, 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 89 siswa untuk uji coba lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian pengembangan: (1) Kharakteristik modul pembelajaran yang dikembangkan yaitu menggunakan software LCDS sebagai software utama. Modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan mendukung pembelajaran yang interaktif. Artinya modul pembelajaran elektronik difasilitasi dengan gambar, video fenomena, simulasi yang didampingi dengan LKPD, dan soal interaktif yang mana siswa bisa langsung menjawab soal di dalam modul. Modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan juga mendukung pembelajaran mandiri. Artinya siswa dapat belajar sendiri dengan didampingi modul pembelajaran elektronik LCDS, karena di dalam modul ini setelah konten pengerjaan LKPD terdapat kesimpulan LKPD yang didalamnya terdapat pembahasan LKPD dan terdapat soal-soal interaktif yang disertai dengan pembahasannya. Sehingga modul yang dikembangkan ini dapat digunakan oleh siswa baik secara mandiri maupun dibawa ke dalam proses pembelajaran di kelas. (2) Berdasarkan validasi Ahli Materi, Media dan Bahasa serta dari hasil ketiga uji coba kualitas modul yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat baik. Prosedur pengembangan modul: (a) tahap persiapan dengan menyusun materi serta menentukan aplikasi pendukung yang akan digunakan, (b) tahap pembuatan masing-masing konten, (c) tahap penyelesaian pembuatan modul berupa validasi ahli (d) pengujian modul kepada siswa serta melakukan publish file ke dalam format HTML. Kata kunci: Modul Pembelajaran Elektronik, LCDS, Gerak Melingkar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 09 Jul 2019 09:42
    Last Modified: 09 Jul 2019 09:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43965

    Actions (login required)

    View Item