Efektivitas Teknik Mentoring untuk Meningkatkan Efikasi Diri dalam Belajar Bahasa Inggris Siswa Tunanetra Kelas VII - IX di SLB A YAAT Klaten Tahun Ajaran 2018/2019

ARIFIN, MISBAHUL (2019) Efektivitas Teknik Mentoring untuk Meningkatkan Efikasi Diri dalam Belajar Bahasa Inggris Siswa Tunanetra Kelas VII - IX di SLB A YAAT Klaten Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (310Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik mentoring untuk meningkatkan efikasi diri dalam belajar bahasa Inggris siswa tunanetra kelas VII-IX SLB A YAAT Klaten tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desainpre-experimental berbentuk one group Pretest-Posttest design. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 12 siswa tunanetra kelas VII-IX di SLB A YAAT Klaten tahun ajaran 2018/2019 yang ditentukan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian menggunakan angket berbentuk pernyataan yang terdiri dari 20 pernyataan favorable dan 20 pernyataan unfavorable. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis tes rangking bertanda (Wilcoxon Sign Rank Test). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diketahui nilai Z hitung =2,060 dengan Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,031 yang berarti lebih kecil dari taraf signifikansi (p< 0,05). Hasil tersebut menunjukan bahwateknik mentoring berpengaruh untuk meningkatkan efikasi diri dalam belajar bahasa Inggris siswa kelas VII-IX di SLB A YAAT Klaten tahun ajaran 2018/2019. Misbahul Arifin. K5115046. The Effectiveness of Mentoring Techniques for Increasing Self Efficacy in Learning English for Blind Students in Class Vii-IX at SLB A YAAT Klaten Academic Year 2018/2019. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty Sebelas Maret University, Mei 2019. This study aims to determine the effects of mentoring technique to improve self efficacy in learning English for blind students in the Vii-IX class SLB A YAAT Klaten academic year 2018/2019. This research is an experimental study using pre-experimental design in the form of one group Pretest-Posttest design. The subjects in this study were 12 blind students of class VII-IX at SLB A YAAT Klaten 2018/2019 school year which were determined using saturated sampling techniques. The instrument which used in this research is a questionnaire in the form of a statement consisting of 20 favorable statements and 20 anfavorable statements. The results of this study were analyzed using a signed ranking test analysis (Wilcoxon Sign Rank Test). Based on the data analysis that has been done, it was known that the Zhitung value = -2,060 with Asymp. Sig. (2-tailed) of 0.031 which means it is smaller than the significance level (p <0.05). These results indicate that the mentoring technique is influential to improve self-efficacy in learning English in class VII-IX students at SLB A YAAT Klaten academic year 2018/2019

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 09 Jul 2019 09:17
    Last Modified: 09 Jul 2019 11:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43963

    Actions (login required)

    View Item