Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions dipadukan dengan Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial

AJI, MUHAMMAD BAYU (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions dipadukan dengan Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (74Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Dipadukan dengan Snowball Throwing pada siswa kelas V MI Negeri Sendanglo Boyolali tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V MI Negeri Sendanglo Boyolali. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik alanisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Dipadukan dengan Snowball Throwing dapat meningkatkan keterampilan sosial. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil observasi keterampilan sosial pada setiap siklus. Pada prasiklus frekuensi siswa yang mencapai keterampilan sosial kategori baik dan sangat baik sebanyak 6 siswa (27,7%). Pada siklus I meningkat menjadi 13 siswa (59,09%). Pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa (91%). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Dipadukan dengan Snowball Throwing dapat meningkatkan keterampilan sosial pada siswa kelas V MI Negeri Sendanglo Boyolali tahun ajaran 2016/2017.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 09 Jul 2019 09:10
    Last Modified: 09 Jul 2019 09:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43962

    Actions (login required)

    View Item