Pengembangan Model Pembelajaran Holistik Untuk Peningkatan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah SMA

AHYANI, NUR (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Holistik Untuk Peningkatan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah SMA. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (196Kb)

    Abstract

    Nur Ahyani. T811208005. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Holistik Untuk Peningkatkan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah. Disertasi. Promotor Prof. Dr. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd, Co Promotor 1 Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd, Co Promotor 2 Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Program Doktor Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta ABSTRAK Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk: (1) mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran sejarah dan pendidikan karakter siswa SMA se-Kota Palembang; (2) mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan dan mengetahui tingkat validitas model pembelajaran holistik untuk peningkatan karakter dalam pembelajaran sejarah yang valid di SMA se-Kota Palembang; (4) mengetahui tingkat keefektifan model pembelajaran holistik untuk peningkatan karakter dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D), prosedur penelitian terdiri dari tiga langkah, yaitu studi pendahuluan, pengembangan model, dan keefektifan model. Responden adalah guru dan siswa SMA se-Kota Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan angket. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data hasil studi pendahuluan. Analisis data pada uji coba terbatas dan uji coba luas digunakan analisis gain ternormalisasi pada hasil belajar dan skor karakter. Keefektifan model digunakan analisis uji beda t-tes dan satatistik non parametrik dengan uji Mann-Whitney U (SPSS), untuk mengetahui keefektifan model dengan membandingkan postes kelas eksperimen dengan postes kelas kontrol, baik pada hasil belajar maupun skor karakter. Sampel penelitian berasal dari SMA Negeri 11 Palembang, SMA Negeri 13 Palembang, SMA Negeri 15 Palembang, SMA Negeri 22 Palembang, SMA Muhammadiyah 2 Palembang, SMA PGRI 2 Palembang, dan SMA Nurul Iman Palembang. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan pembelajaran sejarah dan pendidikan karakter belum efektif dan inovatif; (2) langkah pengembangan: (a) tahap pendahuluan meliputi studi literatur, studi lapangan, dan merumuskan draf awal model, (b) tahap pengembangan meliputi validasi ahli, uji coba terbatas, dan uji coba luas, (c) keefektifan model; Validitas model: (a) validitas ahli terdiri dari ahli model pembelajaran rata-rata 78% (layak), ahli pembelajaran (silabus) 78% (layak), (RPP) 79,16% (layak), ahli materi 83,78% (layak), ahli pendidikan karakter 75,11% (layak), buku guru 78,83% (layak), dan buku siswa 75,11% (layak). Hasil pengembangan model, pada uji terbatas terbukti memenuhi keterlaksanaan model, pada uji coba luas terbukti memenuhi keterterapan model; (4) Model pembelajaran holistik efektif untuk meningkatkan karakter siswa dalam pembelajaran sejarah, dibuktikan pada hasil uji-t baik pada hasil belajar sejarah maupun skor karakter yang menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) 0,00<0,05. Kata Kunci: Pengembangan model Holistik, Pembelajaran Sejarah, Karakter. Nur Ahyani. T811208005. 2018. Development of the Holistic Learning Model to Improve the Character in Historical Learning. Dissertation. Promoter Prof. Dr. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd, Co Promoter 1 Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd, Co-Promoter 2 Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Doctoral Program of Education Science Faculty of Teacher Training and Education Universitas Sebelas Maret Surakarta. Abstract The purpose of this research and development is to: (1) get an overview of how the implementation of historical learning and character education of high school students throughout Palembang City; (2) describe the development steps and determine the level of validity of the holistic learning model for character improvement in valid historical learning in high schools throughout Palembang; (3) knowing the effectiveness of holistic learning models in improving character in history learning. The research is a research development (R & D), this research procedure consists of three steps, namely preliminary study, model development, and model effectiveness. Respondents from the study were high school teachers and students throughout Palembang. Data coleection techniques used intervie, observation, tesis, and questionnaires. Descriptive analysis is used to analyze data from preliminary studies. Data analysis in limited trials and extensive trials used normalized gain analysis on learning outcomes and character scores. The effectiveness of the model used a different tes analysis of the non parametric statistic test using the Mann-Whitney U test (SPSS), to determine the effectiveness of the model by comparing the experimental class posstest whith the control class posstest, both on learning outcomes and character scores. The sample of the research came from State high school number 11 Palembang, State high school number 13 Palembang, State high school number 15 Palembang, State high school number 22 Palembang, Muhammadiyah high school number 2 Palembang, PGRI high school number 2 Palembang, and Nurul Iman high school Palembang. The results of the study show that: (1) the implementation of historical learning and character education has not been effective and innovative; (2) development steps: (a) preliminary stage includes literature study, field study, and formulating the initial draft on the model, (b) the developmentstage includes expert validation, limited trials, and extensive trials, (c) model effectiveness; model validity: (a) expert validity consist do expert learning models on average 78% (feasible), expert learning (syllabus) 78% (feasible), (RPP) 79,16% (feasible), material expert 83,78% (feasible), character education expert 75,11 (eligible). The result of the model development, in the limmited test proved to fulfill the models’s implementation, in the broad trial it was proven to fulfill the applicability of the model; (4) holistic learning models are effective to improve improve the character of students in historical learning, evidenced by the result of t-test both on historical learning outcomes and character scores that indicated that Sig. (2 –tailed) 0,05. Keywords: Holistic model development, history learning, character.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Pascasarjana > Doktor > Ilmu Pendidikan - S3
    Pascasarjana > Magister
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 09 Jul 2019 09:04
    Last Modified: 09 Jul 2019 09:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43960

    Actions (login required)

    View Item