Peningkatan Kecerdasan Kinestetik melalui Gymnastic Activities pada Anak Kelompok B TK Pelita 1 Mudal Boyolali

SODHIQ, OKU KURNIATUL (2019) Peningkatan Kecerdasan Kinestetik melalui Gymnastic Activities pada Anak Kelompok B TK Pelita 1 Mudal Boyolali. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (11Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui gymnastic activities pada anak kelompok B TK Pelita 1 Mudal Boyolali tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Pelita 1 Mudal Boyolali tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 14 anak, yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak dan guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dengan cara unjuk kerja, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa melalui gymnastic activities, anak dapat meloncat sejauh 1 meter sebagai turunan dari aspek kelenturan, melompat setinggi 40cm sebagai turunan dari aspek keseimbangan, dan berlari secara zig-zag sebagai turunan dari aspek kelincahan. Hal tersebut membuktikan bahwa gymnastic activities dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompok B TK Pelita 1 Mudal Boyolali. Keseluruhan peningkatan persentase ketuntasan kecerdasan kinestetik anak secara klasikal setelah diterapkan gymnastic activities adalah sebesar 35,71%. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui gymnastic activities dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompok B TK Pelita 1 Mudal Boyolali tahun ajaran 2018/2019. Temuan lain dari penerapan gymnastic activities adalah adanya peningkatan pada aspek sosial emosional anak. Kata Kunci: kecerdasan kinestetik, gymnastic activities, anak usia dini ABSTRACT Oku Kurniatul Sodhiqoh. K8115046. IMPROVEMENT OF KINESTHETIC INTELLIGENCE THROUGH GYMNASTIC ACTIVITIES IN GROUP B STUDENTS OF TK PELITA 1 MUDAL BOYOLALI. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, May 2019. This class action research (CAR) aimed to improve kinesthetic intelligence through gymnastic activities in the child group B TK Pelita 1 Mudal Boyolali academic year 2018/2019. The research was conducted in two cycles that each cycle consisted of two meet. Each cycle consists of planned, implementation and observation, as well as reflected. The subject of this research was a child group B1 TK Pelita 1 Mudal Boyolali academic year 2018/2019 with the amount 14 children, consisted of 6 girls and 8 boys. The data sources in this research were children and teachers. Work performance, observation, interview, and documentation was used in this research. The data validity test technique used is source triangulation and triangulation technique. The results of this class action research showd that through gymnastic activities,children can jump as far as 1 meter as a derivative of the flexibility aspect, hop as high as 40cm as a derivative of the balance aspect, and zig-zag run as derivative from the agility aspect. That case proves that gymnastic activities can improve the children kinesthetic intelligence of the group B TK Pelita 1 Mudal Boyolali. The overall increase in the classical percentage of children kinesthetic intelligence after applying gymnastic activities is 35.71%. Based on the explanation, it can be concluded that through gymnastic activities can improve the kinesthetic intelligence of the child group B TK Pelita 1 Mudal Boyolali academic year 2018/2019. Anotrher finding after applying gymnastic activities is can improve the social emotional aspects of children. Keywords: kinesthetic intelligence, gymnastic activities, early childhood

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 09 Jul 2019 01:08
    Last Modified: 09 Jul 2019 08:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43959

    Actions (login required)

    View Item