Penerapan Kegiatan Outbound untuk Meningkatkan Perilaku Prososi Anak Kelompok B TK BA Aisyiyah Sukoharjo 1

MUSTIKA, REIZA (2019) Penerapan Kegiatan Outbound untuk Meningkatkan Perilaku Prososi Anak Kelompok B TK BA Aisyiyah Sukoharjo 1. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (9Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku prososial anak melalui kegiatan outbound pada anak kelompok B TK BA Aisyiyah Sukoharjo 1 Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kurt Lewin dengan pendekatan data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan selama dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan dan dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK BA Aisyiyah Sukoharjo 1 Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 21 anak, yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak dan guru. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik pengumpulan data yang dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode, sedangkan uji validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan deskriptif komparatif dan analisis data kualitatif menggunakan model interaktif. Hasil pratindakan diperoleh ketuntasan perilaku prososial sebanyak 9 anak dari 21 anak atau sebesar 43% dan untuk setiap indikator yaitu 9 anak tuntas dalam indikator mengenal tata krama atau sopan santun sesuai budaya dan nilai sosial setempat, 9 anak tuntas dalam indikator mengetahui perasaan temannya dan merespon secara wajar, dan 10 anak tuntas dalam indikator bersikap kooperatif dengan teman. Pada siklus I diperoleh ketuntasan perilaku prososial anak meningkat sebesar 67% atau sama dengan 14 anak dan untuk setiap indikator yaitu 14 anak tuntas dalam indikator mengenal tata krama atau sopan santun sesuai budaya dan nilai sosial setempat, 13 anak tuntas dalam indikator mengetahui perasaan temannya dan merespon secara wajar, dan 14 anak tuntas dalam indikator bersikap kooperatif dengan teman. Pada siklus II diperoleh ketuntasan perilaku prososial juga meningkat menjadi 81% atau 17 anak, untuk setiap indikator yaitu 18 anak tuntas untuk indikator yaitu mengenal tata krama atau sopan santun sesuai budaya dan nilai sosial setempat, mengetahui perasaan temannya dan merespon secara wajar, dan bersikap kooperatif dengan teman. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan outbound dapat meningkatkan perilaku prososial anak kelompok B TK BA Aisyiyah Sukoharjo 1 Tahun Ajaran 2018/2019 Kata Kunci: Kegiatan outbound, Perilaku Prososial, Anak Kelompok B.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 09 Jul 2019 01:04
    Last Modified: 09 Jul 2019 08:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43958

    Actions (login required)

    View Item