Efektivitas Metode Index Card Match untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Braille Jawa pada Siswa Tunanetra di SMPLB YAAT Klaten Tahun Ajaran 2018/2019

Sugiyanti, Sri (2019) Efektivitas Metode Index Card Match untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Braille Jawa pada Siswa Tunanetra di SMPLB YAAT Klaten Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (60Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan agar mengetahui efektivitas metode index card match untuk meningkatkan kemampuan membaca Braille Jawa pada siswa tunanetra di SMPLB YAAT Klaten tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain pre-experimental berbentuk one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 10 siswa tunanetra di SMPLB YAAT Klaten tahun ajaran 2018/2019 dengan menggunakan Teknik pengambilan sample berupa non probability sampling jenis purposive sampling dengan kriteria: 1. siswa tunanetra yang bersekolah di SMPLB YAAT Klaten (kelas VII-IX), 2. siswa tunanetra kelas VI-IX SMPLB YAAT Klaten yang mampu membaca/menulis Braille dan belum mengenal aksara Braille Jawa, dan 3. siswa tunanetra kelas VI-IX SMPLB YAAT Klaten yang tidak memiliki keterbatasan lain (tunaganda). Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes lisan membaca kalimat dalam bentuk Braille Jawa. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan rata-rata nilai antara pretest dan posttest, diperoleh rata-rata pretest adalah sebesar 20.20 dan 67.20 untuk posttest. Peningkatan tersebut diukur berdasarkan taraf signifikansinya dengan menggunakan uji statistic non-parametrik dengan jenis analisis Wilcoxon Sign Rank Test dengan bantuan software SPSS 22. Hasil pengujian hipotesis dengan bantuan software SPSS 22 menunjukkan bahwa nilai Z_hitung sebesar -2.810 dengan Asymp.Sig. )2-tailed) sebesar 0.005. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig. lebih rendah dibanding taraf signifikansi yang ditetapkan yakni 0.05, sehingga hasil data memiliki perbedaan yang signifikan antara hasil nilai pretest dan posttest, maka dapat disimpulkan dari hasil pembahasan bahwa metode index card match efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca Braille Jawa pada siswa tunanetra di SMPLB YAAT Klaten tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci: metode index card match, siswa tunanetra, dan membaca Braille Jawa. ABSTRACT Sri Sugiyanti. K5115059. EFFECTIVENESS OF INDEX CARD MATCH METHOD TO IMPROVE JAVA BRAILLE READING ABILITY IN VISUALLY IMPAIRED STUDENTS AT YAAT KLATEN SMPLB ACADEMIC YEAR 2018/2019. Skripsi, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University, May 2019. This study aims to determine the effectiveness of the index card match method to improve the ability of Javanese Braille reading in visually impaired students at SMPLB YAAT Klaten academic year 2018/2019. This research is an experimental study using pre-experimental design in the form of one group pretest-posttest design. The subjects in this study were 10 visualy impaired students at SMPLB YAAT Klaten academic year 2018/2019 using the sampling technique in the form of non-probability sampling type purposive sampling with criteria: 1. Visually impaired students who attend the YAAT SMPLB Klaten (class VII-IX), 2 visually impaired students in class VI-IX of YAAT SMPLB Klaten who are able to read / write Braille and are not familiar with Javanese Braille characters, and 3. Visually impaired students of class VI-IX of the YAAT SMPLB Klaten do not have other limitations (doubts). The research instrument used was an oral test reading sentences in Javanese Braille. Based on the results of the descriptive analysis showed an increase in the average value between pretest and posttest, the average pretest was 20.20 and 67.20 for the posttest. The increase was measured based on its significance level by using non-parametric statistical tests with the type of Wilcoxon Sign Rank Test analysis with the help of SPSS 22 software. The results of hypothesis testing with the help of SPSS 22 software showed that the Z_count value was -2,810 with Asymp.Sig. ) 2-tailed) amounting to 0.005. These results indicate that the value of Asymp.Sig. lower than the specified significance level of 0.05, so the data results have a significant difference between the results of the pretest and posttest values, it can be concluded from the results of the discussion that an effective index card match method to improve the ability of Javanese Braille reading in visually impaired students at YAAT Klaten SMPLB ACADEMIC YEAR 2018/2019. Keywords: index card match method, visually impaired students, and Javanese Braille reading.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 09 Jul 2019 00:33
    Last Modified: 09 Jul 2019 08:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43953

    Actions (login required)

    View Item