HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATERI PEMBELAJARAN AKUNTANSI BAGI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Roumany, Tedtie (2019) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATERI PEMBELAJARAN AKUNTANSI BAGI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (77Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi: (1) hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar materi pembelajaran akuntansi bagi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019; (2) hubungan disiplin belajar dengan dengan prestasi belajar materi pembelajaran akuntansi bagi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019; (3) hubungan motivasi belajar dan disiplin belajar dengan prestasi belajar materi pembelajaran akuntansi bagi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dari penelitian ini sebanyak 68 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 58 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner dan dokumentasi. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas konstruk dari Product Moment Pearson, sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data dilakukan dengan uji Korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar materi pembelajaran akuntansi, hal ini ditunjukkan melalui rhitung>rtabel (0,712>0,254). Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar materi pembelajaran akuntansi, hal ini ditunjukkan melalui rhitung>rtabel (0,681>0,254). Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan hubungan motivasi belajar dan disiplin belajar dengan prestasi belajar materi pembelajaran akuntansi, hal ini ditunjukkan melalui rhitung>rtabel (0,750>0,254).Variabel didalam prestasi belajar materi pembelajaran akuntansi ditentukan oleh motivasi belajar dan disiplin belajar sebesar 56,19% sementara yang 33,81% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 09 Jul 2019 00:29
    Last Modified: 09 Jul 2019 08:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43952

    Actions (login required)

    View Item