PENGARUH PERMAINAN BUILDING BLOCK TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTIS KELAS II DI SD AL FIRDAUS SURAKARTA TAHUN 2018/2019.

Nuraini, Tri (2019) PENGARUH PERMAINAN BUILDING BLOCK TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTIS KELAS II DI SD AL FIRDAUS SURAKARTA TAHUN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (12Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tri Nuraini. K5115061. PENGARUH PERMAINAN BUILDING BLOCK TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTIS KELAS II DI SD AL FIRDAUS SURAKARTA TAHUN 2018/2019. Skripsi. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Mei 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan building block terhadap kemampuan interaksi sosial anak autis kelas II di SD Al Firdaus Surakarta tahun 2018/2019. Penelitian menggunakan pendekatan eksperimen subjek tunggal atau single subject research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Desain A-B-A ini terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap baseline-1 (A1), intervensi (B), dan baseline-2 (A2). Subjek penelitian seorang anak autis kelas II di SD Al Firdaus Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis visual yaitu analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil analisis menunjukkan kecenderungan arah dan perubahan level meningkat +1 pada baseline-1 (A1), meningkat +4 pada intervensi (B), dan konstan =0 pada baseline-2 (A2). Kecenderungan stabilitas tinggi dan data persentase overlap 0%. Pada baseline-1 nilai rata-rata sebesar 14,67 poin, pada intervensi nilai rata-rata meningkat menjadi 24,85 poin, kemudian pada baseline-2 nilai rata-rata meningkat kembali menjadi 27 poin. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa permainan building block berpengaruh positif terhadap kemampuan interaksi sosial anak autis kelas II di SD Al Firdaus Surakarta tahun 2018/2019. Kata kunci : Building Block, Kemampuan Interaksi Sosial, Autis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 01 Jul 2019 21:48
    Last Modified: 01 Jul 2019 21:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43945

    Actions (login required)

    View Item