Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Anak Tunarungu Kelas V di SLB B Pawestri Karanganyar Tahun Pelajaran 2018/2019

Wulandari, Mariastuti (2019) Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Anak Tunarungu Kelas V di SLB B Pawestri Karanganyar Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (87Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Mariastuti Wulandari. K5115043. PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ANAK TUNARUNGU KELAS V DI SLB B PAWESTRI KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap peningkatan prestasi belajar matematika anak tunarungu kelas V di SLB B Pawestri Karanganyar tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain one groups pretest-posttest design. Subjek yang digunakan dalam penelitian berjumlah tujuh anak tunarungu kelas V di SLB B Pawestri Karanganyar. Pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda. Analisis data menggunakan statistic non-parametric uji Wilcoxson Sign Rank Test dengan bantuan software SPSS 22. Hasil analisis data deskriptif diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 58,93 dan posttest 94,64. Hasil analisis statistic non-parametric dengan uji Wilcoxson Sign Rank Test diperoleh nilai Zhitung= -2.392 dengan Asymp Sig. (2-tailed) = 0,017 lebih kecil dari taraf signifikansi yang telah ditentukan atau 0,017 < 0,05 sehingga hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak. Berdasarkan hasil analisis penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan multimedia interaktif berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar matematika anak tunarungu kelas V di SLB B Pawestri Karanganyar tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : pengaruh, multimedia interaktif, prestasi belajar matematika, anak tunarungu

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 01 Jul 2019 21:46
    Last Modified: 01 Jul 2019 21:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43944

    Actions (login required)

    View Item