Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bolavoli Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA-2 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019

Karsono, Senopati Sawung Putra (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bolavoli Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA-2 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (281Kb)

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah dan passing atas bolavoli melalui penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pada Peserta Didik Kelas XI-MIPA 2 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2018 / 2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI-MIPA 2 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2018 / 2019 yang berjumlah 40 peserta didik yang terdiri dari 10 peserta didik putra dan 30 peserta didik putri. Sumber data berasal dari peserta didik, guru, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi atau arsip hasil belajar. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik persentase. Berdasarkan hasil analisis data pada bab IV diperoleh peningkatan pada prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada prasiklus hasil belajar passing bawah dan atas bolavoli adalah 10 peserta didik (25%) dalam kategori tuntas dan 30 peserta didik (75) dalam kategori belum tuntas. Pada siklus I hasil belajar passing bawah dan atas bolavoli pada aspek pengetahuan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 33 peserta didik dengan prosentase 82,5%, dan pada aspek keterampilan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 24 peserta didik dengan prosentase 60% Sedangkan pada siklus II hasil belajar passing bawah dan atas bolavoli pada aspek pengetahuan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 36 peserta didik (90%), dan pada aspek keterampilan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 33 peserta didik (82,5%). Hasil belajar passing bawah dan atas bolavoli telah mencapai target yang ingin dicapai pada siklus II bahkan melebihi target. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar passing bolavoli peserta didik kelas XI─MIPA 2 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2018 / 2019

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Arif Rahmati'ah Nurrifa
    Date Deposited: 30 Jun 2019 10:54
    Last Modified: 30 Jun 2019 10:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43940

    Actions (login required)

    View Item