Penerapan Model Double Loop Problem Solving Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Panas Dan Perpindahannya

Pramesti, Rizky Ardhia (2019) Penerapan Model Double Loop Problem Solving Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Panas Dan Perpindahannya. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (176Kb)

    Abstract

    Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk (1) Meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri Blimbing, Kabupaten Purworejo pada materi panas dan perpidahannya tahun ajaran 2018/2019 (2) mendiskripsikan penerapan model double loop problem solving berbasis eksperimen dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V SD N Blimbing Kabupaten Purworejo pada materi panas dan perpidahannya tahun ajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas V SD N Blimbing Kabupaten Purworejo yang berjumlah 24 peserta didik. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes open ended keterampilan berpikir kritis. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis interaktif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data pada penelitian ini diuji dengan triangulasi teknik dan sumber, serta uji validitas isi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa penerapan model double loop problem solving berbasis eksperimen dengan langkah-langkah perkenalan masalah; pencarian penyebab langsung dan penerapan solusi tentatif (loop 1); evaluasi penyelesaian masalah dengan eksperimen; pencarian penyebab masalah dan penerapan solusi akhir (loop 2); penarikan kesimpulan dan pemilihan solusi akhir pada siklus I pertemuan 1 mampu meningkatkan rata-rata nilai keterampilan berpikir kritis peserta didik yaitu dari 43,83 pada pratindakan menjadi 58,50 dengan ketuntasan klasikal sebesar 25%.Kenaikan juga terjadi pada siklus 1 pertemuan 2, rata-rata nilai keterampilan berpikir kritis yaitu 67,50 dengan ketuntasan klasikal 45,83%. Kenaikan terus terjadi, pada siklus II pertemuan I rata-rata nilai sebesar 79 dengan ketuntasan klasikal 63%, rata-rata nilai pada siklus II pertemuan 2 yaitu 83,17 dengan ketuntasan klasikal 83% atau sebanyak 20 peserta didik mendapat kriteria sangat terampil dalam berpikir kritis. Berpijak pada hasil penelitian,dapat disimpulkan bahwa penerapan model double loop problem solving berbasis eksperimen dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V SD N Blimbing tahun ajaran 2018/2019 pada materi panas dan perpindahannya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PZ Childrens literature
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Arif Rahmati'ah Nurrifa
    Date Deposited: 30 Jun 2019 10:44
    Last Modified: 30 Jun 2019 10:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43938

    Actions (login required)

    View Item