KAJIAN DESKRIPTIF DAMPAK PERANG DAGANG AMERIKA SERIKAT DAN CHINA TERHADAP PENURUNAN VOLUME PENJUALAN BENANG COTTON CARDED 32/1 KE CHINA PADA PT DAN LIRIS

Pramesti, Riza Indah (2019) KAJIAN DESKRIPTIF DAMPAK PERANG DAGANG AMERIKA SERIKAT DAN CHINA TERHADAP PENURUNAN VOLUME PENJUALAN BENANG COTTON CARDED 32/1 KE CHINA PADA PT DAN LIRIS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (150Kb)

    Abstract

    Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui gambaran prospek kecenderungan volume penjualan ekspor benang cotton carded 32/1 pada PT Dan Liris. Tahun 2018 terjadi penurunan volume ekspor benang cotton carded 32/1 ke China secara drastis hingga zero order. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam alur dari faktor eksternal perusahaan yakni perang dagang yang menyebabkan penurunan volume penjualan ekspor ke China pada PT Dan Liris. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed method dengan memberikan gambaran persoalan yang terjadi pada perusahaan PT Dan Liris. Alat analisis pada penelitian ini adalah teknik analisis trend dengan memberikan gambaran kecenderungan volume serta prospek kemungkinan volume ekspor produk benang dimasa mendatang. Penulis menggali informasi faktor penyebab penurunan volume penjualan benang cotton carded 32/1 yang disajikan dalam bentuk naratif. Dalam penelitian ini, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer berupa observasi yang dilakukan secara langsung beserta wawancara dengan pihak staff dan karyawan departemen tekstil PT Dan Liris. Sedangkan data sekunder diperoleh dengan cara mengumpulkan informasi dari berita, artikel, buku dan deskriptif karya. Hasil analisis data trend yang diperoleh adalah volume penjualan ekspor benang PT Dan Liris ke China bersifat naik turun atau tidak stabil. Penelitian ini juga berhasil mengungkapkan bahwa adanya faktor eksternal perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat dan China sangat merugikan perusahaan dari segi pendapatan dan kelangsungan produksi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, penulis kemudian melakukan analisis matriks SWOT sebagai altertatif perusahaan. Penulis menyarankan 12 strategi baru yang dapat dilakukan seperti, PT Dan Liris dapat mengambil tindakan dengan memanfaatkan jasa promosi baik secara online atau offline, melakukan research dan analisis perkembangan negara buyer terkait isu perekonomian secara rutin, serta dampak kemungkinan yang akan terjadi pada perusahaan. Survey terhadap kepuasan pelanggan dan memperhatikan kesejahteraan karyawan juga sangat penting untuk menjaga integritas perusahaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Manajemen Perdagangan
    Depositing User: Arif Rahmati'ah Nurrifa
    Date Deposited: 30 Jun 2019 10:39
    Last Modified: 30 Jun 2019 10:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43937

    Actions (login required)

    View Item