PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 MELALUI PENERAPAN PERMAINAN SAINS (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA ANAK KELOMPOK B TK YPAB PERMATA HATI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)

Paramita, Novia (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 MELALUI PENERAPAN PERMAINAN SAINS (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA ANAK KELOMPOK B TK YPAB PERMATA HATI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (15Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun melalui penerapan permainan sains. Penelitian ini adalah Peneltian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdapat tiga pertemuan dan dilaksanakan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun TK YPAB Permata Hati Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 dengan jumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan data observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Uji validitas data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif yakni analisis data interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak pada setiap siklus. Persentase ketuntasan pratindakan 33,33 % dengan 5 anak yang tuntas. Pada siklus I meningkat dengan presentase 60% atau 9 anak yang tuntas, dan tahap siklus II dengan presentase 80% atau 12 anak yang tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan permainan sains dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun pada siswa kelompok B TK YPAB Permata Hati Surakarta TahunAjaran 2018/2019

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
    L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PZ Childrens literature
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Arif Rahmati'ah Nurrifa
    Date Deposited: 30 Jun 2019 10:32
    Last Modified: 30 Jun 2019 10:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43936

    Actions (login required)

    View Item