ANALISIS GAYA BAHASA DAN DIKSI DALAM BUKU KUMPULAN PUISI KUAJAK KAU KE HUTAN DAN TERSESAT BERDUA KARYA BOY CANDRA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR MENULIS PUISI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS

Putri, Bella Ristiana (2019) ANALISIS GAYA BAHASA DAN DIKSI DALAM BUKU KUMPULAN PUISI KUAJAK KAU KE HUTAN DAN TERSESAT BERDUA KARYA BOY CANDRA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR MENULIS PUISI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (9Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Bella Ristiana Putri. K1215012. ANALISIS GAYA BAHASA DAN DIKSI DALAM BUKU KUMPULAN PUISI KUAJAK KAU KE HUTAN DAN TERSESAT BERDUA KARYA BOY CANDRA SAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) penggunaan gaya bahasa dalam buku kumpulan puisi Kuajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berdua Karya Boy Candra; 2) penggunaan diksi dalam buku kumpulan puisi Kuajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berdua Karya Boy Candra; dan 3) relevansi antara buku kumpulan puisi Kuajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berdua Karya Boy Candra dengan materi pembelajaran puisi kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan stilistika untuk mendiskripsikan penggunaan gaya bahasa dan diksi dalam buku kumpulan puisi. Sumber data penelitian ini adalah dokumen berupa naskah (teks) yaitu buku kumpulan puisi Kuajak Kau ke Hutan dan Tersesat BerduaKarya Boy Candra. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan analisis dokumen/analisis isi. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis data interaktif. Analisis data tersebut terdiri dari 3 komponen antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validasi data yang digunakan berupa trianggulasi data. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) penggunaan gaya bahasa yang ditemukan dalam buku kumpulan puisi Kuajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berdua berupa gaya bahasa perbandingan, penegasan, dan pertentangan. Gaya bahasa perbandingan berupa metafora merupakan gaya bahasa yang paling dominan; (2) penggunaan diksi yang ditemukan dalam buku kumpulan puisi tersebut berupa konotatif dan denotatif. Diksi yang paling dominan adalah konotatif; dan 3) Buku kumpulan puisi tersebut dapat direlevansikan sebagai materi ajar menulis puisi kelas X SMA. Kata kunci: gaya bahasa, diksi, karya sastra, materi ajar menulis puisi ABSTRACT Bella Ristiana Putri. K1215012. ANALYSIS OF LINGUISTIC STYLE AND DICTION IN THE POETRY COLLECTION BOOK OF KUAJAK KAU KE HUTAN DAN TERSESAT BERDUA BY BOY CANDRA AND THEIR RELEVANCE AS TEACHING MATERIAL FOR POETRY WRITING IN GRADE 10 TH SENIOR HIGH SCHOOL. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Fakulty, sebelas Maret University, May 2019. The objectives of this research are to describe 1) the use of style in the poetry collection book of Kuajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berdua by Boy Candra, 2) the use diction in the poetry collection book of Kuajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berdua by Boy Candra, and 3) relevance between in the poetry collection book of Kuajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berdua with poetry writing in grade 10 th Senior High School. Thia research used a purposive sampling techniques. In this research, the qualitative descriptive method used by the stylistics was used to describe the use language styles and diction in the poetry collection book. The source of this research data is a text document (text) is the poetry collection book Kuajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berdua by Boy Candra. Data collection technique in the form of interactive data analysis. Analysis of the data consist 3 components, including data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The validaty data used the trianggulation data. The result show that (1) the use of language style found in the books Kuajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berdua is comparative, affirmations, and contradictions language style. The most dominant language style is comparative language style of metaphor, (2) the use diction found in the poetry collection book is connotative and denotative. The most dominant of diction is konotative, and (3) The poetry collection book can be relevance as the teaching material for poetry writing in grade 10 th Senior High School. Keywords: language style, diction, literature, teaching material of poetry writing

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PC Romance languages
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Depositing User: Patasik Irene
    Date Deposited: 29 Jun 2019 14:58
    Last Modified: 29 Jun 2019 14:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43930

    Actions (login required)

    View Item