ANALISIS FAKTOR INDIVIDU DAN GAYA HIDUP YANG MEMPENGARUHI KELELAHAN KERJA OPERATOR DUMP TRUCK HAULING DI PT. PUTRA PERKASA ABADI SITE MULTI HARAPAN UTAMA KALIMANTAN TIMUR

TAJUDDIN R, AHMAD (2019) ANALISIS FAKTOR INDIVIDU DAN GAYA HIDUP YANG MEMPENGARUHI KELELAHAN KERJA OPERATOR DUMP TRUCK HAULING DI PT. PUTRA PERKASA ABADI SITE MULTI HARAPAN UTAMA KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (29Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ANALISIS FAKTOR INDIVIDU DAN GAYA HIDUP YANG MEMPENGARUHI KELELAHAN KERJA OPERATOR DUMP TRUCK HAULING DI PT. PUTRA PERKASA ABADI SITE MULTI HARAPAN UTAMA KALIMANTAN TIMUR Ahmad Tajuddin Ramdhani1, Sumardiyono2, Tyas Lilia Wardani3 Latar Belakang: Kecelakaan kerja di sektor pertambangan salah satunya disebabkan oleh kelelahan kerja. Hampir setiap tahun sebanyak dua juta tenaga kerja meninggal dunia karena kelelahan kerja. Kelelahan kerja disebabkan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor individu yang meliputi usia dan indeks masa tubuh dan gaya hidup meliputi kuantitas tidur, kebiasaan olahraga dan tempat tinggal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor individu dan gaya hidup yang mempengaruhi kelelahan kerja pada operator dump truck hauling di PT. Putra Perkasa Abadi site MHU. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini yaitu seluruh operator dump truck hauling di PT. Putra Perkasa Abadi Site MHU yang berjumlah 50 orang. Teknik sampling menggunakan sampling aksidental, dengan teknik sampling tersebut didapatkan sampel sebesar 30 orang. Hasil Penelitian: Hasil uji statistik menggunakan uji Chi Square untuk variabel usia (p-value = 0,615), indeks masa tubuh (p-value = 0,032), kuantitas tidur (p-value = 0,000), kebiasaan olahraga (p-value = 0,034) dan tempat tinggal (p-value = 0,178) Simpulan: Kelelahan kerja operator dump truck hauling di PT. Putra Perkasa Abadi site MHU dipengaruhi oleh faktor individu indeks masa tubuh serta gaya hidup yaitu kuantitas tidur dan kebiasaan olahraga. Kata kunci: kelelahan kerja operator dump truck hauling, faktor individu, gaya hidup 1. Program studi diploma III Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2. Dosen program studi diploma III Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 3. Dosen program studi diplomma IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > D3 - Hiperkes dan Keselamatan Kerja
    Depositing User: Patasik Irene
    Date Deposited: 29 Jun 2019 14:43
    Last Modified: 29 Jun 2019 14:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43927

    Actions (login required)

    View Item