ANALISIS TINDAKAN SCORCHED-EARTH POLICY (TAKTIK BUMI HANGUS) OLEH JUNTA MILITER MYANMAR TERHADAP SUKU ROHINGYA DI RAKHINE MENURUT HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL

HERNIKO K O, MUHAMMAD (2019) ANALISIS TINDAKAN SCORCHED-EARTH POLICY (TAKTIK BUMI HANGUS) OLEH JUNTA MILITER MYANMAR TERHADAP SUKU ROHINGYA DI RAKHINE MENURUT HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (102Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan taktik bumi hangus oleh Junta Militer Myanmar terhadap Suku Rohingya di Rakhine dalam kurun waktu September 2016-2017, dan akibat hukum dari penggunaan taktik tersebut berdasarkan Hukum Humaniter Internasional. Penelitian hukum ini termasuk dalam penelitian hukum normative bersifat preskriptif. Bahan hukum penelitian ini menggunakan bahan hukum primer dan sekunder. Bahan hukum tersebut dikumpulkan melalui metode studi kepustakaan dan dokumen, yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deduksi berdasarkan metode penalaran deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan taktik bumi hangus yang digunakan oleh Junta Militer Myanmar terhadap Suku Rohingya di Rakhine, merupakan suatu tindakan yang melanggar Hukum Humaniter Internasional. Pelanggaran pertama adalah bahwa Hukum Humaniter Internasional melarang penggunaan taktik bumi hangus saat konflik terjadi. Pelanggaran kedua adalah bahwa sasaran yang diserang oleh Junta Militer Myanmar merupakan penduduk sipil. Pelanggaran ketiga adalah bahwa dibalik tindakan taktik bumi hangus tersebut, ada indikasi kuat bahwa Junta Militer Myanmar juga melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan terhadap Suku Rohingnya, dugaan melakukan pengusiran atau deportasi paksa, pembunuhan secara sistematis, pemerkosaan atau penghamilan paksa telah dilakukan oleh Junta Militer Myanmar. Sehingga Myanmar melanggar dua ketentuan Hukum Humaniter Internasional, yaitu Protokol Tambahan I Konvensi Jenewa 1977 dan Statuta Roma 1998, yang berakibat hukum Myanmar harus diadili oleh Mahkamah Pidana Internasional.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Haqq Muhammad Hendra Nailul
    Date Deposited: 28 Jun 2019 11:15
    Last Modified: 28 Jun 2019 11:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43924

    Actions (login required)

    View Item