Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Terintegrasi Nilai-Nilai Dharma Gita Melalui Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa di SMA Negeri 2 Denpasar

SAPUTRA, I PUTU ADI (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Terintegrasi Nilai-Nilai Dharma Gita Melalui Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa di SMA Negeri 2 Denpasar. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (90Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan model pembelajaran sejarah yang selama ini digunakan di SMA Negeri 2 Denpasar, (2) mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran sejarah terintegrasi nilai-nilai Dharma Gita, (3) mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran sejarah terintegrasi nilai-nilai Dharma Gita. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan dan menguji keefektivitasan produk model pembelajaran yang menitegrasikan pembelajaran sejarah dengan nilai-nilai Dharma Gita melalui contectual teaching and learning. Dalam penelitian ini menggunakan pengembangan model Borg and Gall dengan sepuluh tahapannya. Namun, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada, sepuluh tahapan tersebut disederhanakan menjadi tiga tahapan yaitu, studi pendahuluan, pengembangan model pembelajaran dan tahap evaluasi. Analisis data pada pendahuluan dan pengembangan model dilakukan dengan pendekatan value clarification tehnique, sedangkan pada tahap uji efektivitas dilakukan dengan kuasi eksperimen. Sumber data berasal dari guru, siswa dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis dengan SPSS tipe 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru masih mendominasi dalam proses pembelajaran, sehingga siswa minim mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan materi dan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Denpasar juga membutuhkan model pembelaran yang inofatif, (2) Model pembelajaran sejarah terintegrasi nilai-nilai Dharma Gita melalui contectual teaching and learning dengan pendekatan value clarification tehnique untuk meningkatkan sikap toleransi siswa berhasil dikembangkan sesuai dengan pendidikan karakter dan dimasukkan dalam sintak pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 , (3) Uji efektifitas sikap toleransi diperoleh nilai 72,90 dengan taraf signifikan 0,000. Artinya lebih kecil dari 0,025, maka Ho ditolak sehingga rerata sebelum dan sesudah perlakuan kelas eksperimen tidak sama. Sedangkan hasil belajar siswa dari uji statistik dengan program SPSS tipe 19 dadipat signifikansi sebesar 0,000. Artinya lebih kecil dari 0,025. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran sejarah terintegrasi nilai-nilai Dharma Gita melalui contectual teaching and learning untuk meningkatkan sikap toleransi siswa. Kata Kunci: Nilai-nilai Dharma Gita, Model Pembelajaran Sejarah, Hasil Belajar dan Sikap Toleransi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 27 Jun 2019 14:21
    Last Modified: 27 Jun 2019 14:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43915

    Actions (login required)

    View Item