Penanaman Budaya Antre melalui Kegiatan Baris-berbaris dan Implikasinya pada Nilai Karakter Siswa Kelas I SD Negeri 2 Karangsari

MAHMUDAH, LARAS (2019) Penanaman Budaya Antre melalui Kegiatan Baris-berbaris dan Implikasinya pada Nilai Karakter Siswa Kelas I SD Negeri 2 Karangsari. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (83Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman budaya antre melalui kegiatan baris-berbaris dan implikasinya pada nilai karakter siswa kelas I SD Negeri 2 Karangsari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk data implementasi nilai karakter budaya antre di rumah, teknik observasi dan wawancara untuk data konsep budaya antre dalam kegiatan baris-berbaris dan implementasinya, serta implementasi nilai karakter budaya antre di lingkungan sekolah. Analisis data menggunakan model analisis data menurut Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, penanaman budaya antre melalui kegiatan baris-berbaris sudah terlaksana dengan baik oleh siswa dilihat dari aspek pelaksanaan etika antre pada saat baris-berbaris. Namun, pelaksanaan kegiatan baris-berbaris jika ditinjau dari pelaksanaan aturan gerakan menurut aturan yang berlaku masih kurang baik karena dari 35 butir aturan baris-berbaris siswa sementara hanya bisa melaksanakan 14 aturan secara konsisten. Kedua, implikasi penanaman budaya antre melalui kegiatan baris-berbaris pada nilai karakter dalam budaya antre sudah dapat terlaksana dengan baik oleh mayoritas siswa kelas I. Terlaksananya nilai tersebut dalam kehidupan siswa baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah tidak bisa dilepaskan dari pengawasan orang dewasa yakni guru dan orang tua. Pengawasan dan pendampingan guru atau orang tua yang baik akan memunculkan hasil penerapan nilai karakter yang baik pula. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian tersebut adalah penanaman budaya antre berupa taat pada antrean kegiatan baris-berbaris dan implikasinya pada nilai karakter siswa di lingkungan sekolah dan di rumah berhasil dilaksanakan oleh mayoritas siswa kelas I. Keberhasilan tersebut sangat dipengaruhi oleh pendampingan dan pengawasan orang dewasa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 27 Jun 2019 14:05
    Last Modified: 27 Jun 2019 14:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43907

    Actions (login required)

    View Item