PENGARUH PENERAPAN PUNISHMENT DAN REWARD UNTUK MENGURANGI PERILAKU HIPERAKTIF PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 1 DI SLB C SETYA DARMA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

PANGESTUTI, ISNAENI (2019) PENGARUH PENERAPAN PUNISHMENT DAN REWARD UNTUK MENGURANGI PERILAKU HIPERAKTIF PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 1 DI SLB C SETYA DARMA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (336Kb)

    Abstract

    Isnaeni Pangestuti. K5115034. PENGARUH PENERAPAN PUNISHMENT DAN REWARD UNTUK MENGURANGI PERILAKU HIPERAKTIF PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 1 DI SLB – C SETYA DARMA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan punishment dan reward untuk mengurangi perilaku hiperaktif pada anak tunagrahita ringan kelas 1 di SLB – C Setya Darma Surakarta tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen subjek tunggal atau single subject research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan kelas I di SLB – C Setya Darma Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan perilaku hiperaktif subjek setelah diberikan intervensi menggunakan punishment dan reward. Pada baseline-1 perilaku tangan dan kaki tidak dapat diam dengan jumlah frekuensi 61 kali, pada intervensi jumlah frekuensi menjadi 69 kali dan pada baseline-2 jumlah frekuensi menurun menjadi 41 kali. Pada baseline-1 perilaku meninggalkan tempat duduk dengan jumlah frekuensi 22 kali, pada intervensi jumlah frekuensi menjadi 21 kali dan pada baseline-2 jumlah frekuensi menurun menjadi 8 kali. Pada baseline-1 perilaku berlari-lari dengan jumlah frekuensi 12 kali, pada intervensi jumlah frekuensi menjadi 7 kali dan pada baseline-2 jumlah frekuensi menurun menjadi 3 kali. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan punishment dan reward berpengaruh perilaku hiperaktif anak tunagrahita ringan kelas 1 di SLB – C Setya Darma Surakarta tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Punishment , Reward, Perilaku Hiperaktif, Anak Tunagrahita Ringan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 27 Jun 2019 14:00
    Last Modified: 27 Jun 2019 14:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43905

    Actions (login required)

    View Item