PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MEDIA WORD SEARCH PUZZLE DAN CROSSWORD PUZZLE DI KELAS XI MIPA 6 SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MEDIA WORD SEARCH PUZZLE DAN CROSSWORD PUZZLE DI KELAS XI MIPA 6 SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Paramita, Nadaa Cintya (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MEDIA WORD SEARCH PUZZLE DAN CROSSWORD PUZZLE DI KELAS XI MIPA 6 SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MEDIA WORD SEARCH PUZZLE DAN CROSSWORD PUZZLE DI KELAS XI MIPA 6 SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (248Kb)

    Abstract

    Nadaa Cintya Paramita. K4314044. Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Media Word Search Puzzle dan Crossword Puzzle di Kelas XI MIPA 6 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar biologi siswa kelas XI SMA responden melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media puzzle pada materi jaringan tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu model PTK Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi pada setiap siklusnya. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data utama berupa hasil observasi keaktifan siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran koopreratif Teams Games Tournament (TGT) dengan media puzzle. Data pendukung berupa dokumentasi dan wawancara. Validasi data menggunakan metode triangulasi. Data dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dengan media puzzle dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Persentase keaktifan siklus I adalah 59,84% dengan kualifikasi cukup tinggi, Persentase keaktifan siklus II meningkat menjadi 74,94% dengan kualifikasi keaktifan tinggi. Indikator keberhasilan sudah tercapai, yaitu Persentase keaktifan ≥60% dengan kualifikasi keaktifan tinggi. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I adalah 61,36%, Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus II meningkat menjadi 93,18%. Terjadi peningkatan Persentase ketuntasan hasil belajar siswa. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif teams games tournament (tgt), puzzle, keaktifan, PTK

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 27 Jun 2019 13:56
    Last Modified: 27 Jun 2019 13:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43903

    Actions (login required)

    View Item