UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAAN PROBLEM SOLVING DISERTAI LKS PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI KELAS X M-IPA 3 SEMESTER GENAP SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

KURNIANTO, DIDIK (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAAN PROBLEM SOLVING DISERTAI LKS PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI KELAS X M-IPA 3 SEMESTER GENAP SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (86Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) prestasi belajar siswa melalui pembelajaran dengan model pembelajaran problem solving disertai Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi stoikiometri kelas X M-IPA 3 SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2017/2018, dan (2) kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran dengan model pembelajaran problem solving disertai Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk materi stoikiometri kelas X M-IPA 3 SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X M-IPA 3 SMA Negeri Kebakkramat tahun ajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa prestasi belajar (aspek pengetahuan, sikap, keterampilan) dan kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi stoikiometri siswa kelas X M-IPA 3 SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2017/2018. Hasil tes pengetahuan menunjukkan pada siklus I presentase ketuntasan aspek pengetahuan siswa adalah 36,11% dan pada siklus II meningkat menjadi 75,00%. Pencapaian ketuntasan aspek sikap adalah 100% dan pencapaian pada aspek keterampilan sebesar 100%. (2) Penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi stoikiometri siswa kelas X M-IPA 3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan tindakan siklus I presentase ketuntasan siswa sebesar 67,00% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,00%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 27 Jun 2019 13:54
    Last Modified: 27 Jun 2019 13:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43902

    Actions (login required)

    View Item