PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ETNOSAINS YANG BERSUMBER PADA KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X MIPA 4 SMA NEGERI 3 BOYOLALI

SANI, DWIKIE MAHENDRA (2019) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ETNOSAINS YANG BERSUMBER PADA KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X MIPA 4 SMA NEGERI 3 BOYOLALI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (10Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik kelas X MIPA 4 SMA Negeri 3 Boyolali tahun ajaran 2018/2019 melalui penerapan pembelajaran berbasis etnosains yang bersumber pada kearifan lokal. Penelitian ini merupaka Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas X MIPA 4 SMA Negeri 3 Boyolali semester genap tahun pelajaran 2018/2019, objek penelitian adalah keterampilan proses sains peserta didik. Aspek keterampilan proses sans yang diteliti adalah 1) mengamati, 2) mengklasifikasi, 3) menginterpretasi, 4) memprediksi, 5) mengajukan pertanyaan, 6) mengajukan hipotesis, 7) merencanakan percobaan, 8) menggunakan alat dan bahan, 9) menerapkan konsep, 10) mengkomunikasikan, dan 10) melaksanakan percobaan. Indikator ketercapaian penelitian ini yaitu skor seluru aspek keterampilan proses sains mencapai lebih dari 75% dan terjadi peningkatan skor rata-rata keterampilan proses sains dari seluruh indikator. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, kajian dokumen, dan wwancara, Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran berbasis etnosains yang bersumber pada kearifan lokal dapat meningkatkan ketrampilan proses sains peserta didik kelas X MIPA 4 SMA Negeri 3 Boyolali. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tindakan pada siklus II seluruh aspek keterampilan proses sains mengalami kenaikan dan memenuhi target dibandingkan pada saat observasi pra tindakan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 27 Jun 2019 13:48
    Last Modified: 27 Jun 2019 13:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43900

    Actions (login required)

    View Item