PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN CARA BELAJAR TEHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM OTOMOTIF SMK SATYA KARYA KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2007/2008

SETIAWAN, A. YULI (2009) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN CARA BELAJAR TEHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM OTOMOTIF SMK SATYA KARYA KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Other thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF - Published Version
Download (392Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara motivasi berprestasi dan cara belajar terhadap prestasi belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X program otomotif SMK SATYA KARYA Karanganyar tahun pelajaran 2007/2008 sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan adalah observasi, catatan lapangan , dan penyebaran angket. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif antara motivasi berprestasi dan cara belajar terhadap prestasi belajar. Uji validitas menunjukkan bahwa untuk X1 terdapat 16 item pertanyaan dan terdapat 1 item pertanyaan yang tidak valid yaitu item no 6, karena r hitungan lebih kecil dari r tabel (rxy < r tab ).yaitu 0,580<0,632. X2 terdapat 16 item pertanyaan dan terdapat 1 item pertanyaan yang tidak valid yaitu item no 14, karena r hitungan lebih kecil dari r tabel (rxy < r tab ).yaitu 0,382<0,632. Uji realibilitas Untuk X1 setelah mengalami perhitungan diatas di hasilkan r hitungan 0,939. Hasil r hitungan dikonsultasikan dengan rtabel didapat 0,939 terdapat pada ring antara 0,800 sampai dengan 1,00. Dengan demikian angket Motivasi Berprestasi di atas adalah reliabel dan termasuk ke dalam koefisien reliabilitas yang Sangat Tinggi. X2 setelah mengalami perhitungan diatas di hasilkan r hitungan 0,877. Hasil r hitungan dikonsultasikan dengan rtabel didapat 0,877 terdapat pada ring antara 0,800 sampai dengan 1,00. Dengan demikian angket Cara Belajar di atas adalah reliabel dan termasuk ke dalam koefisien reliabilitas yang Sangat Tinggi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa kelas X Program Otomotif SMK SATYA KARYA Karanganyar tahun pelajaran 2007/2008. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji analisis data yang menyatakan bahwa rx1y = 0,328 lebih besar dari pada rtab = 0,312 (rx1y > rtab) pada taraf signifikan 5 %. (2) Ada hubungan positif antara cara belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X Program Otomotif SMK SATYA KARYA Karanganyar tahun pelajaran 2007/2008. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji analisis data yang menyatakan bahwa rx2y = 0, 548 lebih besar dari pada rtab = 0,312 (rx2y > rtab) pada taraf signifikan 5 %.(3) Ada hubungan positif antara motivasi berprestasi dan cara belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X Program Otomotif SMK SATYA KARYA Karanganyar tahun pelajaran 2007/2008. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji hipotesis dengan analisis regresi dua prediktor yang memperoleh Freg > Ftabel (2;41; 0,05) . = 12,10 > 3,26.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LC Special aspects of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Lutvi Satriyo Putro
    Date Deposited: 15 Jul 2013 16:19
    Last Modified: 15 Jul 2013 16:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4390

    Actions (login required)

    View Item