ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA NEGERI DI WILAYAH SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2018/2019

WARDANI, SHINTA (2019) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA NEGERI DI WILAYAH SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Shinta Wardani. K1215043. ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA NEGERI DI WILAYAH SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) jenis-jenis kesalahan berbahasa pada soal, (2) penyebab kesalahan berbahasa pada soal, (3) efek komunikasi yang ditimbulkan akibat kesalahan berbahasa pada soal Penilaian Akhir Semester Gasal mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMA Negeri Di Wilayah Sukoharjo Tahun Ajaran 2018/2019, (4) pemahaman guru terhadap kaidah penyusunan soal, dan (5) ketepatan penyusunan soal Penilaian Akhir Semester Gasal mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMA Negeri di wilayah Sukoharjo tahun ajaran 2018/2019 berdasarkan kaidah penyusunan soal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah dokumen, dan informan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling untuk dokumen dan snowball sampling untuk informan. Peneliti menggunakan teknik analisis dokumen dan wawancara mendalam. Digunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode sebagai uji validitas data. Hasil analisis temuan dan pembahasan dapat dijelaskan sebagai berikut. Pertama, kesalahan berbahasa pada soal Penilaian Akhir Semester berupa kesalahan ejaan, kata, dan kalimat. Kedua, kesalahan berbahasa disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berupa kurang memahami kaidah kebahasaan, kurangnya ketelitian dalam menyusun soal, kebiasaan mengandalkan tim editing, dan kebiasaan menyalin soal. Faktor eksternal berupa kesalahan bahasa lain, rentang waktu yang singkat, dan tidak ada evaluasi. Ketiga, kesalahan berbahasa menimbulkan efek komunikasi yang signifikan karena peserta didik merasa kesulitan dalam memahami maksud soal. Keempat, guru kurang memahami kaidah penyusunan soal baik secara teori maupun praktik. Kelima, Kaidah penyusunan soal yang terdapat dalam soal Penilaian Akhir Semester gasal mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMA Negeri di wilayah Sukoharjo tahun ajaran 2018/2019 belum sepenuhnya menggunakan kaidah penyusunan soal yang sedang berlaku baik dari aspek materi dan aspek konstruksi. Kata kunci: kesalahan berbahasa Indonesia, soal penilaian akhir semester, kaidah penyusunan soal.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 27 Jun 2019 10:43
    Last Modified: 27 Jun 2019 10:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43898

    Actions (login required)

    View Item