PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON DI KELAS X MIPA 9 SMA NEGERI 1 SURAKARTA

Arifin, Zainal (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON DI KELAS X MIPA 9 SMA NEGERI 1 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (176Kb)

    Abstract

    Zainal Arifin. K2315067. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON DI KELAS X MIPA 9 SMA NEGERI 1 SURAKARTA . Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2019. Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan kompetensi literasi sains siswa kelas X MIPA 9 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran pada materi hukum Newton melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas X MIPA 9 SMA Negeri 1 Surakarta semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Data kompetensi literasi sains berupa aspek mengidentifikasi isu-isu ilmiah (identifying scientific issues), aspek menjelaskan fenomena ilmiah (explaining phenomena scientifically), dan aspek menggunakan bukti ilmiah (using scientific evidence) dikumpulkan dengan menggunakan observasi kompetensi literasi sains sementara data kognitif siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada seluruh aspek kemampuan literasi sains siswa. Aspek mengidentifikasi isu-isu ilmiah pada prasiklus sebesar 19,85 %; siklus 1 sebesar 48,08 % dan siklus 2 sebesar 81,45 %. Hasil aspek menjelaskan fenomena ilmiah pada prasiklus sebesar 0 %; siklus 1 sebesar 54,67 %; dan siklus 2 sebesar 84,30 %. Hasil aspek menggunakan bukti ilmiah pada prasiklus sebesar 0 %; siklus 1 sebesar 47,24 %; dan siklus 2 sebesar 81,45 %. Sementara hasil kognitif siswa yang tuntas pada prasiklus sebesar 41,10 %; siklus 1 sebesar 70,60 %; dan siklus 2 sebesar 100 %. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Inkuiri Terbimbing pada pembelajaran Fisika dapat meningkatkan kompetensi literasi sains siswa. Kata kunci: Penelitian tindakan kelas, literasi sains, model Inkuiri Terbimbing.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 27 Jun 2019 10:28
    Last Modified: 27 Jun 2019 10:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43892

    Actions (login required)

    View Item