Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kebakkramat Tahun Pelajaran 2018/2019

Ulfiana, Ela (2019) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kebakkramat Tahun Pelajaran 2018/2019. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (158Kb)

    Abstract

    Ela Ulfiana. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kebakkramat Tahun Pelajaran 2018/2019. Tesis. Pembimbing: Dr. Mardiyana, M.Si. Kopembimbing: Dr. Triyanto, M.Si. Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari gaya belajar visual, auditori, kinestetik, dan gabungan dari kedua gaya belajar pada materi segitiga di SMP Negeri 2 Kebakkramat; 2) mengetahui faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa pada materi segitiga kelas VII SMP Negeri 2 Kebakkramat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri atas 10 siswa dari kelas VIII E SMP Negeri 2 Kebakkramat. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil tes angket gaya belajar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode perekaman, observasi, tes, dan wawancara. Validasi data dilakukan dengan triangulasi metode, data valid dianalisis menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan berpikir kritis matematika siswa ditinjau dari gaya belajar pada materi bangun datar kelas VII SMP Negeri 2 Kebakkramat, yaitu siswa gaya belajar visual memenuhi kemampuan berpikir kritis matematika untuk permasalahan luas dan keliling segitiga mencapai lebih dari sama dengan indikator 5 siswa tidak kesulitan dalam menentukan strategi yang harus digunakan untuk menyelesaikan soal. Siswa gaya belajar auditorial memenuhi kemampuan berpikir kritis matematika untuk permasalahan luas segitiga mencapai lebih dari sama dengan indikator 5 siswa tidak kesulitan dalam menentukan strategi yang harus digunakan untuk menyelesaikan soal dan permasalahan keliling segitiga mencapai kurang dari indikator 5 siswa kesulitan dalam menentukan strategi yang harus digunakan untuk menyelesaikan soal. Siswa gaya belajar kinestetik memenuhi kemampuan berpikir kritis matematika untuk permasalahan luas dan keliling segitiga mencapai lebih dari sama dengan indikator 5 siswa tidak kesulitan dalam menentukan strategi yang harus digunakan untuk menyelesaikan soal. Siswa gaya belajar visual-kinestetik memenuhi kemampuan berpikir kritis matematika untuk permasalahan luas dan keliling segitiga mencapai kurang dari indikator 5 siswa kesulitan dalam menentukan strategi yang harus digunakan untuk menyelesaikan soal. siswa gaya belajar visual-auditorial memenuhi kemampuan berpikir kritis matematika untuk permasalahan luas segitiga mencapai lebih dari samadengan indikator 5 siswa tidak kesulitan dalam menentukan strategi yang harus digunakan untuk menyelesaikan soal dan permasalahan keliling segitiga mencapai kurang dari indikator 5 siswa kesulitan dalam menentukan strategi yang harus digunakan untuk menyelesaikan soal; 2) faktor yang memengaruhi kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi bangun datar kelas VII SMP Negeri 2 Kebakkramat, yaitu gaya belajar, siswa belum terbiasa menjumpai masalah yang memuat kemampuan berpikir kritis matematika, dan kurangnya mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematika dalam penyampaian materi di kelas oleh guru. Kata kunci : kemampuan berpikir kritis matematika, gaya belajar, bangun datar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 25 Jun 2019 23:20
    Last Modified: 25 Jun 2019 23:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43889

    Actions (login required)

    View Item