Hubungan antara Intensitas Penggunaan Smartphone dan Kejenuhan dengan Malas Belajar Siswa Kelas XI SMA N 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019

Lastari, Nisa (2019) Hubungan antara Intensitas Penggunaan Smartphone dan Kejenuhan dengan Malas Belajar Siswa Kelas XI SMA N 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1651Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nisa Lastari. K8414037. “HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN KEJENUHAN DENGAN MALAS BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019”. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2019. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan antara intensitas penggunaan smartphone dengan malas belajar siswa kelas XI SMA N 2 Sukoharjo. (2) Hubungan antara kejenuhan dengan malas belajar siswa kelas XI SMA N 2 Sukoharjo. (3) Hubungan antara intensitas penggunaan smartphone dan kejenuhan dengan malas belajar siswa kelas XI SMA N 2 Sukoharjo. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional yaitu untuk mengetahui tingkat hubungan antar variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 2 Sukoharjo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket. Analisis data menggunakan uji analisis korelasi dan korelasi berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara intensitas penggunaan smartphone dengan malas belajar siswa kelas XI SMA N 2 Sukoharjo dengan hasil perhitungan nilai r sebesar 0,412 dengan signifikansi 0,001. Kedua, terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara kejenuhan dengan malas belajar siswa kelas XI SMA N 2 Sukoharjo dengan hasil perhitungan nilai r sebesar 0,455 dengan signifikansi 0,000. Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara intensitas penggunaan smartphone dan kejenuhan dengan malas belajar siswa kelas XI SMA N 2 Sukoharjo dengan hasil perhitungan nilai F sebesar 12,451 dengan signifikansi 0,000. Kata Kunci : intensitas penggunaan smartphone, kejenuhan, malas belajar. ABSTRACT Nisa Lastari. K8414037. "RELATIONSHIP BETWEEN INTENSITY OF SMARTPHONE USE AND OCCURRENCE WITH LEARNING STUDENTS OF XI CLASS STUDENTS OF SMA N 2 SUKOHARJO STUDY YEAR 2018/2019". Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty Sebelas Maret University Surakarta, March 2019. This research was conducted with the aim to find out: (1) The relationship between the intensity of smartphone use and lazy learning of class XI students of SMA N 2 Sukoharjo. (2) The relationship between saturation and lazy learning in class XI Sukoharjo Senior High School 2. (3) The relationship between the intensity of smartphone use and saturation with lazy learning in class XI Sukoharjo Senior High School 2. The approach in this study uses a quantitative approach with descriptive correlational methods. The population in this study were all students of class XI of SMA N 2 Sukoharjo. The sampling technique used was cluster random sampling. Data collection is done by questionnaire techniques and interviews as supporters. Data analysis used a correlation and multiple correlation analysis test. The results of the study are as follows. First, there is a positive and very significant relationship between the intensity of smartphone use and lazy learning of class XI students of Sukoharjo High School 2 with the results of the calculation of the r value of 0.412 with a significance of 0.001. Second, there is a positive and very significant relationship between saturation and laziness to learn in class XI Sukoharjo SMA 2 with the results of the calculation of the r value of 0.455 with a significance of 0,000. Third, there is a positive and very significant relationship between the intensity of smartphone use and saturation with lazy learning in class XI Sukoharjo SMA 2 with the results of the calculation of the F value of 12.451 with a significance of 0,000. Keywords: intensity of smartphone usage, saturation, lazy learning.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 25 Jun 2019 23:12
    Last Modified: 25 Jun 2019 23:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43887

    Actions (login required)

    View Item