Pengaruh Kesadaran Metakognisi dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa SMK Batik 1 Surakarta

Riyanti, Anik Ida (2019) Pengaruh Kesadaran Metakognisi dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa SMK Batik 1 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (256Kb)

    Abstract

    Anik Ida Riyanti. K7414006. PENGARUH KESADARAN METAKOGNISI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA SMK BATIK 1 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2018. Tujuan studi ini adalah memperoleh bukti empiris tentang: 1) pengaruh kesadaran metakognisi terhadap hasil belajar kognitif; 2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif; dan 3) pengaruh kesadaran metakognisi dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar ranah kognitif. Studi ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif. Studi ini diterapkan kepada siswa kelas XI jurusan Akuntansi, Pemasaran, dan Administrasi Perkantoran yang telah mempelajari pengantar akuntansi pada salah satu sekolah di Surakarta dengan jumlah populasi sebanyak 185 siswa. Sampel sebanyak 126 siswa diambil dengan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui dokumentasi dan kuesioner. Uji validitas dan reliabilitas diterapkan untuk memperoleh keabsahan data. Data yang diperoleh diperlakukan secara statistik dengan bantuan software IBM SPSS 21. Analisis regresi digunakan dalam studi ini untuk menguji hipotesis. Hasil studi menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kesadaran metakognisi terhadap hasil belajar kognitif (t = 5,217, p = 0,000); 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif (t = 2,901, p = 0,004); dan 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kesadaran metakognisi dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar ranah kognitif (F = 40,528, p = 0,000). Kata kunci: kesadaran metakognisi, motivasi belajar, hasil belajar kognitif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 25 Jun 2019 22:57
    Last Modified: 25 Jun 2019 22:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43885

    Actions (login required)

    View Item