Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Kelas XI dengan Model Cipp (Context, Input, Process, Product) di SMK Negeri Ngargoyoso

Saputri, Nina Intan (2019) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Kelas XI dengan Model Cipp (Context, Input, Process, Product) di SMK Negeri Ngargoyoso. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    ABSTRAK Nina Intan Saputri. EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN SEPEDA MOTOR KELAS XI DENGAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI SMK NEGERI NGARGOYOSO. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor di SMK Negeri Ngargoyoso. Evaluasi adalah suatu proses untuk mengumpulkan informasi yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Evaluasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu evaluasi model CIPP (context, input, process, product), yang meliputi: (1) Konteks: latar belakang pembelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor; (2) masukan: sumber daya manusia (guru dan siswa), kurikulum, bahan pembelajaran, dan sarana prasarana belajar; (3) proses: pelaksanaan pembelajaran di kelas dan praktik di bengkel,penggunaan media pembelajaran; (4) hasil: Nilai akhir siswa pada pembelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor kelas XI semester genap. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri Ngargoyoso. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif evaluatif. Sampel penelitian ini adalah kelas XI A, B, dan C yang berjumlah 97 siswa dan 4 guru pemeliharaan mesin sepeda motor. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Validitas yang digunakan pada penelitian ini adalah validitas permukaan dimana validasi dilakukan oleh ahli. Uji coba instrumen penelitian dilakukan pada kelas XI D yang berjumlah 31 siswa, pengujian kuisioner menggunakan SPSS. Analisis data menggunakan perhitungan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan: (1) evaluasi terhadap context (konteks) pelaksanaan pembelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor kelas XI yang meliputi latar belakang program sudah tergolong baik; (2) evaluasi terhadap input (masukan) pelaksanaan pembelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor kelas XI tergolong baik, aspek masukan meliputi: sumber daya manusia, kurikulum, sumber pembelajaran, dan sarana prasarana; (3) evaluasi terhadap process (proses) pelaksanaan pembelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor kelas XI yang meliputi proses pelaksanaan pembelajaran di kelas dan bengkel sudah tergolong baik, namun pada aspek media pembelajaran yang digunakan tergolong cukup sehingga perlu ditingkatkan lagi. (4) Evaluasi product (produk) pelaksanaan pembelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor kelas XI tergolong baik, aspek produk yaitu nilai akhir siswa. Kata kunci: evaluasi, pemeliharaan mesin sepeda motor, model CIPP

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 25 Jun 2019 20:38
    Last Modified: 25 Jun 2019 20:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43878

    Actions (login required)

    View Item