Integrasi Nilai Tembang Ilir-ilir Pada Pembelajaran Sejarah Islam Melalui Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kesadaran Sosial Siswa di SMK Negeri 1 Demak

WIBOWO, AGUNG (2019) Integrasi Nilai Tembang Ilir-ilir Pada Pembelajaran Sejarah Islam Melalui Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kesadaran Sosial Siswa di SMK Negeri 1 Demak. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (182Kb)

    Abstract

    Agung Wibowo. 2018. Integrasi Nilai Tembang Ilir-ilir Pada Pembelajaran Sejarah Islam Melalui Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kesadaran Sosial Siswa Di SMK Negeri 1 Demak. Tesis. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Warto, M.Hum. (2) Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd., M.Hum. Progam Studi Magister Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Kependidikan, Universitas Sebelas Maret ABSTRAK Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran sejarah dan sikap kesadaran sosial peserta didik di SMK Negeri 1 Demak; 2) Mengintegrasikan nilai tembang ilir-ilir pada pembelajaran sejarah melalui model contextual teaching and learning; dan mengetahui bentuk akhir model pembelajaran sejarah yang diintegrasikan dengan nilai tembang ilir-ilir; 3) menguji efektifitas penggunaan model pembelajaran sejarah yang diintegrasikan dengan nilai tembang ilir-ilir melalui model contextual teaching and learning untuk meningkatkan kesadaran sosial peserta didik di SMK Negeri 1 Demak. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Demak antara bulan Oktober 2017 hingga Februari 2018. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) model pembelajaran yang mengadopsi model ADDIE dengan tiga tahapan penelitian, yaitu: 1) tahap I: Studi pendahuluan yang memuat analisis kebutuhan model pembelajaran secara deskriptif-kualitatif; 2) tahap II: Pengembangan yang memuat analisis, desain, pengembangan model, implementasi, dan evaluasi yang mengadopsi dari model ADDIE; 3) tahap III: Evaluasi memuat uji efektifitas produk terhadap peningkatan kesadaran sosial peserta didik. Analisis data uji efektifitas menggunakan t-test dalam uji statistik. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah: 1) pembelajaran sejarah di sekolah kurang memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan kesadaran sosial, sehingga dibutuhkan model pembelajaran sejarah yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesadaran sosial; 2) hasil pengembangan model pembelajaran sejarah yang diintegrasikan dengan nilai tembang ilir-ilir ditinjau dari uji validitas, uji coba, dan uji implementasi memiliki hasil nilai yang sangat baik. Model pembelajaran sejarah yang diintegrasikan dengan nilai tembang ilir-ilir secara sistematis mampu meningkatkan pengetahuan dan sikap melalui pembelajaran yang kontekstual; 3) model pembelajaran sejarah yang diintegrasikan dengan nilai tembang ilir-ilir terbukti efektif meningkatkan kesadaran sosial peserta didik dilihat melalui uji statistik dengan signifikansi P-value<0,05 yaitu 0,000. Kata kunci: model pembelajaran sejarah, model ADDIE, nilai tembang ilir-ilir, kesadaran sosial

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Patasik Irene
    Date Deposited: 25 Jun 2019 17:33
    Last Modified: 25 Jun 2019 17:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43872

    Actions (login required)

    View Item