PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINSTRASI PERKANTORAN SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

PERMATA C, PRAMUDITA (2019) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINSTRASI PERKANTORAN SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (331Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Pramudita Permata Christie. K7410143. “PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERJADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September. 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan: (1) komunikasi interpersonal guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran; (2) keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran; (3) komunikasi interpersonal guru dan keaktifan belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 94 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh atau total sampling. Sedangkan teknik peengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan uji statistik dengan analisis korelasi dan regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan komunikasi interpersonal guru terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta. Hal ini ditunjukan dengan nilai Fhitung > Ftabel atau 0,243 > 0,18 pada taraf signifikansi 5%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta. Hali ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel atau 0,839 > 0,000 pada taraf signifikansi 5% (3) Terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal guru dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel atau 117,990 > 0,00 pada taraf signifikansi 5%. Temuan lain dalam penelitian ini adalah persamaan regresi linier berganda Ŷ ꞊ 26,335 + 0,111X1 + 0,557X2 artinya bahwa rata-rata prestasi belajar siswa (Y) diperkirakan meningkat atau menurun 0,243 untuk pada setiap peningkatan atau penurunan satu unit kemampuan komunikasi interpersonal guru dan akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0,839 untuk setiap ada peningkatan atau penurunan satu unit keaktifan belajar siswa. Sedangkan sumbangan relatif komunikasi interpersonal terhadap prestasi belajar sebesar 4,45% dan sumbangan relatif keaktifan belajar terhadap prestasi belajar sebesar 95,46%. Sedangkan sumbangan efektif komunikasi interpersonal terhadap prestasi belajar sebesar 3,27 % dan sumbangan efektif keaktifan belajar terhadap prestasi belajar sebesar 86,92%. Kata kunci: komunikasi interpersonal, keaktifan belajar, dan prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Patasik Irene
    Date Deposited: 25 Jun 2019 16:14
    Last Modified: 25 Jun 2019 16:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43867

    Actions (login required)

    View Item