PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VIZUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC (VAK) PADA PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PROYEK DAN EKSPERIMEN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KELAS X SMA NEGERI 1 GEMOLONG PADA MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA

ROMADHON, UTORO (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VIZUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC (VAK) PADA PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PROYEK DAN EKSPERIMEN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KELAS X SMA NEGERI 1 GEMOLONG PADA MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (551Kb)

    Abstract

    Utoro Romadhon. K2315060. PENERAPAN PEMBELAJARAN VIZUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC (VAK) PADA PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PROYEK DAN EKSPERIMEN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KELAS X SMA NEGERI 1 GEMOLONG PADA MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. May 2019. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak ada : 1)perbedaan pengaruh penggunaan model VAK (Vizualization, Auditory, Kinestetic) melalui metode proyek dan eksperimen terhadap kemampuan pengetahuan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Gemolong pada materi Gerak Harmonis Sederhana, 2) perbedaan pengaruh antara personality type peserta didik kategori sanguinis, melankolis, plegmatis, dan koleris terhadap kemampuan pengetahuan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Gemolong pada materi Gerak Harmonis Sederhana, dan 3) interaksi antara pengaruh penerapan model VAK (Vizualization, Auditory, Kinestetic) dan personality type peserta didik terhadap kemampuan pengetahuan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Gemolong pada materi Gerak Harmonik Sederhana. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x4. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Terambil dua kelas yakni kelas X MIA 1 berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 2 berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi untuk memperoleh data yang berupa nilai Ulangan Harian Semester 1, teknik tes untuk data kemampuan pengetahuan, dan tes kepribadian. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan uji anava dua jalan dengan frekuensi sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1)Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran VAK (Vizualization, Auditory, Kinestetic) melalui metode proyek dan eksperimen terhadap kemampuan pengetahuan kelas X SMA Negeri 1 Gemolong tahun ajaran 2018/2019 pada materi Gerak Harmonis Sederhana (FAobservasi = 5,562 > Ftabel = F0,05;1;63 = 3,99). 2) Ada perbedaan pengaruh antara tipe kepribadian kategori sanguinis, melankolis, plegmatis, dan koleris terhadap kemampuan pengetahuan kelas X SMA Negeri 1 Gemolong tahun ajaran 2018/2019 pada materi Gerak Harmonis Sederhana (FBobservasi = 6,655 > Ftabel = F0,05;3;63 = 2,75). 3) Tidak ada pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran VAK (Vizualization, Auditory, Kinestetic) melalui metode proyek dan eksperimen dengan tipe kepribadian kategori sanguinis, melankolis, plegmatis, dan koleris terhadap kemampuan pengetahuan kelas X SMA Negeri 1 Gemolong tahun ajaran 2018/2019 pada materi Gerak Harmonis Sederhana (FAB observasi = 1,211 < Ftabel = F0,05;3;63 = 2,75).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Patasik Irene
    Date Deposited: 25 Jun 2019 16:09
    Last Modified: 25 Jun 2019 16:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43866

    Actions (login required)

    View Item