System Application and Product in data processing (SAP) pada Penyewaan Kendaraan Secara Leasing di PT. Serasi Autoraya TRAC-Astra Rent a Car Cabang Sangatta Kalimantan Timur

ERLINA, FIFI (2019) System Application and Product in data processing (SAP) pada Penyewaan Kendaraan Secara Leasing di PT. Serasi Autoraya TRAC-Astra Rent a Car Cabang Sangatta Kalimantan Timur. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Informasi merupakan kebutuhan primer bagi kelangsungan dan perkembangan suatu organisasi atau perusahaan. Era globalisasi menjadikan perkembangan teknologi informasi berkembang pesat, segala aktivitas dituntut untuk dapat berjalan dengan cepat dan tepat. Guna menunjang hal tersebut dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengintegrasikan seluruh departemen sehingga keberjalanan kegiatan perusahaan dapat lebih cepat, efektif dan efisien. Proses pada penyewaan kendaraan secara leasing di TRAC Sangatta membutuhkan proses yang panjang dan membutuhkan informasi dari berbagai departemen termasuk keputusan dari pimpinan dalam satu kali transaksi.Tujuan dari pengamatan ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana System Application and Product in data processing (SAP) pada penyewaan kendaraan secara leasing di PT. Serasi Autoraya TRAC- Astra Rent a Car Cabang Sangatta, Kalimantan Timur. Sistem Informasi Manajemen atau SIM terintegrasi merupakan sistem informasi yang berbasis komputer yang mengintegrasikan sistem informasi seluruh departemen perusahaan. Enterprise Resource Planning (ERP) atau Perencanaan Sumber Daya Perusahaan adalah salah satu contoh teknik dari SIM terintegrasi. SAP adalah salah satu contoh perusahaan yang mengembangkan software berbasis ERP yang paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di dunia, khususnya di Asia. Metode pengamatan yang digunakan yaitu metode pengamatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, mengkaji dokumen dan arsip. Berdasarkan hasil pengamatan yang diperoleh adanya SAP mampu mempercepat kegiatan administratif di TRAC Sangatta agar lebih cepat, efektif dan efisien melalui teknik integrasi ERP. Konsep dasar dari ERP yaitu mengintegrasikan seluruh departemen melalui satu software, satu database yang dapat diakses oleh seluruh departemen terkait. Pada penyewaan kendaraan secara leasing, SAP mengintegrasikan departemen Corporate Sales Manager/HO, Branch Manager, Account Head, Administration dan Fleet.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Patasik Irene
    Date Deposited: 25 Jun 2019 14:39
    Last Modified: 25 Jun 2019 14:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43859

    Actions (login required)

    View Item