EFEKTIVITAS DINAS PERHUBUNGAN SURAKARTA DALAM PENGELOLAAN KEMACETAN DI KOTA SURAKARTA

ROHMA A, FRASTIWI (2019) EFEKTIVITAS DINAS PERHUBUNGAN SURAKARTA DALAM PENGELOLAAN KEMACETAN DI KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (74Kb)

    Abstract

    Frastiwi Rohma Andari. D0114058. Efektivitas Dinas Perhubungan Surakarta dalam Pengelolaan Kemacetan di Kota Surakarta. Skripsi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret.2019. Kota Surakarta merupakan pusat kota dari beberapa daerah tetangga yang memiliki industri-industri, pusat perbelanjaan dan sekolah yang berkembang. Hal tersebut menyebabkan pertumbuhan penduduk di Kota Surakarta berkembang sangat pesat sehingga menimbulkan masalah kemacetan. Sehingga dibutuhkan peran Dinas Perhubungan dalam mengelola kemacetan yang ada di Kota Surakarta ini. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas Dinas Perhubungan Surakarta dalam Pengelolaan Kemacetan di Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Penentuan sumber data menggunakan purposive sampling. Validitas data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Penelitian ini menganalisis efektivitas Dinas Perhubungan Surakarta dengan menggunakan dimensi efektivitas menurut Richard M. Steers yaitu Optimalisasi tujuan, perspektif sistem dan perilaku manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan dimensi efektivitas organisasi menurut Richard M. Steers yaitu Optimalisasi tujuan, perspektif sistem dan perilaku manusia. Pengelolaan kemacetan di Surakarta ini belum efektif. Dilihat dari dimensi optimalisasi tujuan, optimalisasi tujuan yang dilakukan Dinas Perhubungan dalam mengelola kemacetan sudah dilaksanakan dengan baik, namun tujuan dari program – program untuk mengurangi kemacetan di Kota Surakarta belum mencapai hasil yang optimal. Hal tersebut terlihat dari semakin tingginya kendaraan pribadi dari tahun ke tahun dan adanya penurunan jumlah penumpang Batik Solo Trans yang dapat menyebabkan bertambahnya kepadatan kendaraan di Jalan. Dilihat dari perspektf sistem, keterpaduan berbagai faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal belum terkoordinasi dengan baik. Dilihat dari faktor internal, Dinas Perhubungan masih terhambat dengan keterbatasan Sumber Daya Manusia yang dapat menyebabkan tidak optimalnya kegiatan pengelolaan kemacetan. Dilihat dari faktor eksternal, beberapa masyarakat mengeluhkan sistem pembagian waktu APIIL yang belum sesuai dengan tingkat kepadatan lalu lintas dan penataan parkir yang belum teratur sehingga dapat menimbukan kepadatan kendaraan. Dari dimensi perilaku manusia, dapat diketahui bahwa Perilaku pegawai Dinas Perhubungan sudah cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari pegawai yang sudah saling bekerjasama dan turun langsung ke jalan dalam mengtaasi kemacetan dan tidak pernah ada pegawai yang mendapatkan surat peringatan. Kata Kunci : Efektivitas, Dinas Perhubungan, Kemacetan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Patasik Irene
    Date Deposited: 24 Jun 2019 16:33
    Last Modified: 24 Jun 2019 16:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43855

    Actions (login required)

    View Item