Hubungan pola asuh demokratis terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun di kelurahan gonilan

Hidayah, Fatimah Suha Nur (2019) Hubungan pola asuh demokratis terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun di kelurahan gonilan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (82Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Pola Asuh Demokratis Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Di Kelurahan Gonilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif denga jenis korelasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2019 dengan menggunakan sampel sebanyak 69 anak dan orangtua anak di Kelurahan Gonilan. Pengambilan data dari penelitian ini menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada orangtua. Penelitian ini menggunakan uji korelasi Spearman rho untuk mengetahui apakah pola asuh demokratis orangtua berhubungan dengan kemandirian anak usia 4-5 tahun di Kelurahan Gonilan. Hasil uji hipotesis korelasi Spearman Rho menjunjukkan bahwa nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya hipotesis diterima yaitu adanya hubungan pola asuh demokratis terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun di Keluraha Gonilan. Hasil Uji Hipotesis korelasi Spearman Rho juga menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,998, nilai tersebut tergolong dalam kategori sangat kuat, yang artinya pola asuh demokratis menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kemandirian anak. Selain itu, arah hubungan menunjukkan tanda (+), yang artinya arah hubungan searah. Semakin tinggi pola asuh demokratis orangtua maka semakin tinggi pula kemandirian anak.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
    L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PZ Childrens literature
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Arif Rahmati'ah Nurrifa
    Date Deposited: 22 Jun 2019 19:19
    Last Modified: 22 Jun 2019 19:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43846

    Actions (login required)

    View Item