PENGUATAN KARAKTER KEWARGANEGARAAN MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (STUDI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 WEDI)

Putra, Akhbar Sabdana (2019) PENGUATAN KARAKTER KEWARGANEGARAAN MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (STUDI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 WEDI). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (87Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penguatan karakter kewarganegaraan melalui pembelajaran PPKn pada siswa kelas VII SMP N 1Wedi. 2) Untuk mengetahui apa kendala-kendala implementasi karakter kewarganegaraan melalui pembelajaran PPKn pada siswa kelas VII SMP N 1 Wedi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan terdiri dari: informan, observasi dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan sampel bertujuan (purposive sampling). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah menggunakan trianggulasi dengan sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif (interactive of analysis), yakni terdiri dari tiga komponen utama yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan penguatan karakter kewarganegaraan melalui pembelajaran PPKn di SMP N 1 Wedi berupa penguatan tehadap berbagai nilai seperti religius, cinta tanah air, jujur, demokratis serta disiplin. Hal itu diimplementasikan ke dalam langkah-langkah pembelajaran, khususnya pada saat guru membuka kegiatan pembelajaran, menyampaikan materi, melakukan proses diskusi serta menutup kegiatan pembelajaran. Dengan berbagai pendekatan yang digunakan: pendekatan penanaman nilai, pendekatan moral kognitif, serta pendekatan pembelajaran berbuat. 2) Hambatan dalam penguatan nilai-nilai karakter Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, meliputi: (a) Guru terlalu memfokuskan penyelesaian materi, namun kurang memperhatikan terhadap pemberian penguatan karakter kewarganegaraan; (b) Masih terdapat ruang kelas yang kotor serta suhu ruangan yang tinggi; (c) Masih terdapat beberapa siswa yang cenderung sulit untuk diatur; (d) Masih ada siswa yang memiliki tingkat keaktifan yang cukup rendah dalam pembelajaran PPKn, mereka cenderung bersikap acuh ketika menerima penguatan karakter kewarganegaraan dalam pembelajaran PPKn; (e) Pergaulan siswa yang cenderung tidak mudah untuk dikendalikan, sehingga pembentukan karakter kewarganegaraan mereka terancam tidak berhasil.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Arif Rahmati'ah Nurrifa
    Date Deposited: 22 Jun 2019 13:53
    Last Modified: 22 Jun 2019 13:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43843

    Actions (login required)

    View Item