PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JURISPRUDENTIAL INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN INTELEKTUAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK” (Studi Pada Materi Pokok Eksplorasi dan Eksploitasi Barang Tambang yang Ramah Lingkungan Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA N 1 KARANGANYAR)

Prawoto, Jalu Tommy (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JURISPRUDENTIAL INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN INTELEKTUAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK” (Studi Pada Materi Pokok Eksplorasi dan Eksploitasi Barang Tambang yang Ramah Lingkungan Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA N 1 KARANGANYAR). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (235Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran jurisprudential inquiry berbantuan media video terhadap keterampilan intelektual peserta didik. (2) apakah ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran jurisprudential inquiry berbantuan media video terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Karanganyar yang dibagi menjadi 4 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang berjumlah 66 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen (experimental research). Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi experimental design dengan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, dan Tes. Teknik Analisis data yang digunakan adalah uji anava satu arah dengan taraf signifikan 0,5%. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran jurisprudential inquiry berbantuan media video terhadap keterampilan intelektual peserta didik yang dibuktikan dengan perbandingan rerata 22,8888 : 20,8056 diuji menggunakan one way anava dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Fobs > Ftabel (7,98131106 > 3,07). (2) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran jurisprudential inquiry berbantuan media video terhadap hasil belajar peserta didik yang dibuktikan dengan perbandingan rerata 10,1111 : 8,1949 yang di uji dengan one way anava dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Fobs > Ftabel (27,35758 > 4,56).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Arif Rahmati'ah Nurrifa
    Date Deposited: 22 Jun 2019 13:05
    Last Modified: 22 Jun 2019 13:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43837

    Actions (login required)

    View Item