EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA INFOGRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH DI KELAS X MIPA 5 SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018

Susanto, Riyan (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA INFOGRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH DI KELAS X MIPA 5 SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (393Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model cooperative learning tipe numbered head together (NHT) dengan media infografis dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksaaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIPA 5 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA 5 yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa angket, observasi, tes dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Hasil penelitian yang dilaksanakan dengan dapat dibuat kesimpulan: 1) Pembelajaran sejarah dengan menerapkan model numbered head together dengan media infografis dapat meningkatkan kreativitas siswa di kelas X MIPA 5 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Tahap pra siklus, hasil rata-rata kreativitas siswa diperoleh nilai 58.71%. Siklus I mulai diterapkannya model NHT dengan media infografis dan diperoleh hasil 71.53%. Siklus II juga mengalami peningkatan dengan diperoleh hasil 78.78% dan sudah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan ≥75%. 2) Pembelajaran sejarah dengan menerpakan model numbered head together dengan media infografis dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa di kelas X MIPA 5 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Tahap pra siklus, hasil penelitian menunjukkan siswa yang tuntas sesuai KKM (nilai ≥60) hanya 44.73%. Tahap siklus I mulai diterapkannya model NHT dengan media infografis terjadi peningkatan menjadi 76.31%. Pada siklus II juga lebih baik dengan terjadi peningkatan menjadi 94.73% dan sesuai dengan indikator yang ditetapkan ≥90% Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran sejarah dengan menggunakan model numbered head together dengan media infografis dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah siswa kelas X MIPA 5 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Arif Rahmati'ah Nurrifa
    Date Deposited: 22 Jun 2019 12:38
    Last Modified: 22 Jun 2019 12:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43835

    Actions (login required)

    View Item