IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KETELADANAN KHULAFAURASYIDIN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS X IPS 1 MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Pradana, Aditya (2019) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KETELADANAN KHULAFAURASYIDIN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS X IPS 1 MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (258Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pemahaman guru Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X IPS 1 MAN 1 Surakarta terhadap nilai-nilai keteladanan Khulafaurasyidin, 2) Implementasi nilai-nilai keteladanan Khulafaurasyidin dalam perencanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X IPS 1 MAN 1 Surakarta, 3) Implementasi nilai-nilai keteladanan Khulafaurasyidin dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X IPS 1 MAN 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di kelas X IPS 1 MAN 1 Surakarta pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dengan informan utama guru Sejarah Kebudayaan Islam dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan metode. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif yaitu interaksi antara tiga komponen analisis, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan secara siklus dengan pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keteladanan Khulafaurasyidin oleh Guru Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X IPS 1 MAN 1 Surakarta dipahami sebagai nilai-nilai yang dimiliki oleh para tokoh Khulafaurasyidin, diantaranya mencakup hal-hal yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin, memiliki keyakinan yang kuat terhadap agama yang dianut, memiliki persaudaraan sesama muslim dan memiliki keberanian dalam menyampaikan kebenaran; (2) Implementasi nilai-nilai keteladanan Khulafaurasyidin dalam perencanaan pembelajaran SKI dituangkan dalam RPP dicantumkan secara tersirat yaitu nilai religius dan nilai moral, terletak pada tahap-tahap pembelajaran di bagian pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup; dan (3) Implementasi nilai-nilai keteladanan Khulafaurasyidin dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui penjelasan guru saat pembelajaran di kelas tentang nilai-nilai yang dapat diambil dari materi Khulafaurasyidin, dengan cara diskusi kelompok, tugas mandiri dan presentasi. Untuk melihat keberhasilan implementasi nilai-nilai keteladanan Khulafaurasyidin diukur dengan aspek kognitif dilakukan ujian tertulis dalam bentuk soal uraian. Aspek afektif dilakukan pengamatan terhadap sikap peserta didik. Aspek psikomotorik melalui penilaian terhadap aktivitas diskusi dan presentasi peserta didik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Arif Rahmati'ah Nurrifa
    Date Deposited: 22 Jun 2019 12:28
    Last Modified: 22 Jun 2019 12:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43834

    Actions (login required)

    View Item