Implementasi Model Pembelajaran Pemaduan Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Talking Stick Untuk meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017

Satia, Ifadatul Cahya (2019) Implementasi Model Pembelajaran Pemaduan Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Talking Stick Untuk meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (75Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 5 Magelang melalui implementasi model pembelajaran pemaduan kooperatif tipe Teams Games Tournament dan Talking Stick. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan dengan kolaborasi antara peneliti, guru pengampu mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 3, dan guru pengampu mata pelajaran sejarah kelas lain serta melibatkan partisipasi siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Magelang tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan melalui kegiatan yang berupa : (1) Observasi , (2) Wawancara, (3) Tes Kognitif, Afektif dan Psikomotor. Prosedur penelitian melalui tahap: (a) Perencanaan tindakan, (b) Pelaksanaan tindakan, (c) Observasi dan Interpretasi, (d) Analisis dan Refleksi. Pada penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus, prosentase ketuntasan hasil belajar pada ranah kognitif pra siklus sebesar 39,29%, meningkat pada siklus I menjadi sebesar 50,7%, dan pada siklus II sebesar 92,86%. Pada ranah afektif ketuntasan siswa pada pra siklus sebesar 14,29%, pada siklus I sebesar 42,90%, dan pada siklus II sebesar 75%. Pada ranah psikomotorik ketuntasan siswa pra siklus sebesar 53,57%, siklus I 64,30%, dan pada siklus II sebesar 78,60%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Implementasi Model Pembelajaran Pemaduan kooperatif tipe Teams Games Tournament dan Talking Stick dapat Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Magelang.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Arif Rahmati'ah Nurrifa
    Date Deposited: 22 Jun 2019 11:42
    Last Modified: 22 Jun 2019 11:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43832

    Actions (login required)

    View Item