Dampak Wisata Pantai Karangjahe pada Peningkatan Sosial Ekonomi (Studi tentang Desa Wisata Kelurahan Punjulharjo, Kabupaten Rembang)

Tinawati, Fadila (2019) Dampak Wisata Pantai Karangjahe pada Peningkatan Sosial Ekonomi (Studi tentang Desa Wisata Kelurahan Punjulharjo, Kabupaten Rembang). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (194Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Fadila Tinawati, K8415023, DAMPAK WISATA PANTAI KARANGJAHE PADA PENINGKATAN SOSIAL EKONOMI (STUDI TENTANG DESA WISATA KELURAHAN PUNJULHARJO, KABUPATEN REMBANG), Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2019. Wisata Pantai Karangjahe merupakan salah satu destinasi pariwisata bahari yang ada di Kelurahan Punjulharjo, Kabupaten Rembang dengan predikat paling sering dikunjungi oleh para wisatawan. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dampak pantai wisata Karangjahe pada peningkatan sosial ekonomi masyarakat setempat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan strategi penelitian bersifat studi kasus. Teknik pengambilan data informan dilakukan secara purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian ini bahwa Wisata Pantai Karangjahe memberikan perubahan pada kondisi kehidupan masyarakat setempat baik berupa perubahan dalam aspek sosial maupun pada aspek ekonomi. Perubahan yang terjadi pada aspek ekonomi yaitu berupa meningkatnya pendapatan harian masyarakat. Mayoritas masyarakat setempat berpartisipasi dengan cara berjualan di Karangjahe, menyewakan jasa wahana permainan dan sebagian lagi menjadi staff, pengelola dan petugas parkir. Sedangkan Wisata Pantai Karangjahe ini juga berdampak positif berupa meningkatnya tingkat pendidikan, terbukanya peluang usaha, dan mengurangi angka pengangguran yang mendorong meningkatkan status sosial masyarakat setempat. Selain dampak positif yang didapat, Wisata Pantai Karangjahe juga memberikan dampak negatif berupa lunturnya identitas berbudaya bagi masyarakat setempat. Kata Kunci: Perubahan Sosial, Pariwisata, Materialis, Idealis, Interaksionalis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Haqq Muhammad Hendra Nailul
    Date Deposited: 22 Jun 2019 09:56
    Last Modified: 22 Jun 2019 09:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43827

    Actions (login required)

    View Item