Efektivitas Penggunaan Media Gambar dan Media Realia terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 4-5 Tahun

Kurniawati P H, Indah (2019) Efektivitas Penggunaan Media Gambar dan Media Realia terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 4-5 Tahun. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (87Kb)

    Abstract

    ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media gambar dan media realia terhadap kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode komparatif untuk membandingkan antara dua kelompok yaitu kelompok media gambar dan media realia, sedangkan variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan menyimak. Populasi dalam penelitian ini seluruh anak TK A Gugus 9 Bugenvil Surakarta. Sampel yang terpilih adalah TK Berita Hidup, TK Indriyasana, TK Paramayoga, dan TK Animah dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui unjuk kerja, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data statistik inferensial dengan menggunakan uji ANOVA SATU ARAH. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun ditinjau dari media pembelajaran yang digunakan. Penggunaan media pembelajaran baik media gambar ataupun media realia harus mempertimbangkan jumlah anak dalam satu kelas serta ukuran media pembelajaran harus dapat menjangkau seluruh anak dalam satu kelas sehingga dapat digunakan secara efektif. Kata Kunci: media gambar, media realia, kemampuan menyimak ABSTRACT: The aim of this research is to find the effectiveness of pictures and realia usage towards the listening capability of children at 4-to-5 year old. This research used comparative method to compare two groups that was pictures and realia as the instructional media. Meanwhile, the variable on this research was the listening capability of the children. The population of this research was all students of Gugus 9 Bugenvil Kindergarten School Surakarta grade A. The chosen samples were Berita Hidup Kindergarten School, Indriyasana Kindergarten School, Paramayoga Kindergarten School, and Animah Kindergarten School. They were chosen by using the cluster random sampling method. The data was collected through performances, interview, and documentation. In analyzing the data, the researcher used One Way ANOVA. The result of this research showed that there was no difference between the listening capabilities of children at 4-to-5 year old based on the pictures and realia usage. The use of instructional media either pictures or realia must considers the number of the children in a class and also the size of the instructional media itself, therefore it can be effective. Keywords: pictures, realia, listening capabilities

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Haqq Muhammad Hendra Nailul
    Date Deposited: 22 Jun 2019 09:51
    Last Modified: 22 Jun 2019 09:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43826

    Actions (login required)

    View Item