PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN PEMBELAJARAAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA.

Sri Handayani, Wahyu (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN PEMBELAJARAAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (230Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Wahyu Sri Handayani. K7614057. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN PEMBELAJARAAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2019. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan pembelajaran kewirausahaan secara simultan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Administrasi Perkantoran Pendidikan, dan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, (2) Mengetahui pengaruh penggunaan media sosial secara parsial berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Administrasi Perkantoran Pendidikan, dan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, (3) Mengetahui apakah faktor pembelajaran kewirausahaan secara parsial berpegaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Administrasi Perkantoran Pendidikan, dan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Objek Penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, dan Administrasi Perkantoran Universitas Sebelas Maret Surakarta yang mendapat mata kuliah pendidikan kewirausahaan sebanyak 175 mahasiswa. Dalam penelitian ini digunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan proportionate random sampling dengan jumlah sampel 101 mahasiswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang penggunaan media sosial, pembelajaran kewirausahaan dan minat berwirausaha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi berganda sebesar Y= 1,560 + 0,270 X1 + 0,624 X2. Koefisien regresi bernilai positif artinya penggunaan media sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dan pembelajaran kewirausahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Hal ini berarti semakin tinggi penggunaan media sosial mengakibatkan semakin tinggi minat bewirausaha dan semakin tinggi pengaruh pembelajaraan kewirausahaan mengakibatkan semakin minat bewirausaha. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat bewirausaha yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas <0,05 (0,000<0,05), (2) pembelajaran kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat bewirausaha yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas <0,05 (0,000<0,05), (3) penggunaan media sosial dan pembelajaran kewirausahaan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas <0,05 (0,000<0,05) dan nilai R square sebesar 57,1%. Hal ini menunjukkan bahwa 57,1% minat berwirausaha dipengaruhi oleh penggunaan media sosial dan pembelajaran kewirausahaan, sedangkan sisanya sebesar 42,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian. Kata kunci: Penggunaan Media sosial, Pembelajaran Kewirausahaan, dan Minat Berwirausaha ABSTRACT Wahyu Sri Handayani. K7614057. THE EFFECT OF THE USE OF SOCIAL MEDIA AND ENTREPRENEURSHIP LEARNING ON INTEREST IN ENTREPRENEURSHIP AT THE TEACHER TRAINING AND EDUCATION FACULTY OF SEBELAS MARET UNIVERSITY SURAKARTA. Thesis, Surakarta: The Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University Surakarta, January 2019. This research attemps to (1) know influence the use of social media and entrepreneurship learning simultaneously of entrepreneurship interest study program economy education, administration office education and accouting education of students of The Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University Surakarta, (2) know influence the use of social media a partial influences simultaneously of entrepreneurship interest study program economy education, administration office education and accouting education of students of The Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University Surakarta, (3) know whether factor in entrepreneurship learning partial take effect of study program economy education, administration office education and accouting education of students of The Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University Surakarta. The objects of this research is a student of economy education, accounting education and administration office education of the Sebelas Maret University Surakarta got entrepreneurial education courses as many as 175 students. This research uses quantitative method. The sampling data are collected using proportionate random sampling technique with total sample of 101 students. The data are collected using questionnaire. Questionnaires are used to collect data about the use of social media and entrepreneurship learning and entrepreneurship interests, The data are analyzed using multiple regression analysis. The result of the research shows that the equity of the multiple regression is Y= 1,560 + 0,270 X1 + 0,624 X2. The regression coefficient is positive which means that the use of social media is positively and significantly influential toward the entrepreneurship interest and entrepreneurship learning is positively and significantly influential toward of entrepreneurship interest. It means that the better the use of social media is, the higher interest in student entrepreneurship and the higher the entrepreneur learning is, the higher interest in student entrepreneurship. Based on the result of the research, it can be concluded that: (1) the use of media social is positively and significantly influential toward the entrepreneur interest which is shown by the probability value of <0.05 (0.000<0.05), (2) entrepreneur learning is positively and significantly influential toward the entrepreneur interest which is shown by the probability value of <0.05 (0.000<0.05), (3) the use of social media and entrepreneur learning is positively and significantly influential toward the entrepreneur interest which is shown by the probability value of <0.05 (0.000<0.05) and R square value of 57.1%. It is shown that 57.1% of the entrepreneur interest is influenced by the use of social media and entrepreneur learning, while the rest which is 42.9% is influenced by other factors not mentioned in this research. Keywords: The Use of Social Media, Entrepreneurship Education, and Interest in Entrepreneurship

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Haqq Muhammad Hendra Nailul
    Date Deposited: 22 Jun 2019 09:46
    Last Modified: 22 Jun 2019 09:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43825

    Actions (login required)

    View Item